Dinas Ketahanan Pangan Berdayakan Masyarakat Manfaatkan Pangan Lokal

0
105
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi selenggarakan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengenakeragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal. Pemberdayaan dilakukan melalui Praktek pengolahan pangan lokal gastronomi di Balai Desa Kalibunder Kecamatan Kalibunder. Newsbin, pada 03/03/2023.

Tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk Mengurangi ketergantungan importasi pangan. Mendorong konsumsi sumber pangan lokal, sehingga permintaan bahan pangan lokal meningkat, Menggali kembali dan mengembangkan sumber pangan lokal menjadi prioritas sumber pangan serta sebagai upaya preventif terjadinya krisis pangan global.

Peserta yang mengikuti praktek pengolahan pangan lokal gastronomi sebanyak 25 orang, terdiri dari pengurus dan anggota PKK Desa Kalibunder.

Diketahui, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi dan kekayaan sumber pangan lokal yang cukup besar dan beragam yang harus dioptimalkan dan dikelola dengan baik untuk menunjang kemandirian dan ketahanan pangan.

Pengelolaan potensi pangan lokal secara optimal dan berkelanjutan akan menciptakan peluang usaha produksi pangan lokal untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk serta menggerakan ekonomi masyarakat, namun keberadaannya belum mampu dimanfaatkan secara optimal. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya inovasi pengolahan terhadap pangan lokal.

Gastronomi adalah seni dan pengetahuan yang berhubungan dengan kenikmatan dari makan dan minuman di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya.

Melalui pengolahan pangan gastronomi dimungkinkan untuk membangun sebuah gambaran dari persamaan atau perbedaan pendekatan atau perilaku masyarakat terhadap makanan dan minuman yang digunakan di berbagai negara dan budaya.

Salah satu destinasi wisata Geopark (CPUGG) Kabupaten Sukabumi adalah Desa Wisata Hanjeli, Wisatawan diajak untuk belajar mengenal pangan lokal mulai dari cara bertanam, panen hanjeli menggunakan alat tradisional, numbuk hanjeli bahkan sampai belajar membuat olahannya.

Olahan pangan yang bersumber dari komoditas hanjeli tersebut merupakan olahan pangan Gastronomi. Karean itu DInas Ketahanan Pangan mendorong pengembangan olahan pangan Gastronomi di Desa Kalibunder Kecamatan Kalibunder karena lokasi tersebut memiliki potensi sangat besar dalam pengembangan hanjeli.

Hadir dalam kesempatan tersebut hadir Abah Asep Hidayat Founder Desa wisata Hanjeli sebagai Narasumber.

Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini