22 Warga Persinas ASAD Kalsel Ikuti Penataran Wasjur Dan pelatih IPSI

0
249
Iklan

Banjarbaru Newsbin.com – Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti penataran Wasit Juri (wasjur) dan pelatih sekaligus sosialisasi peraturan pertandingan 2022 tingkat Kalimantan Selatan yang di gelar pada 11-12/03/2023 oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Aula BPSDM Banjarbaru. Newsbin pada Selasa 14/03/2023.

Sekitar 180 peserta dari Pengkab/Kot IPSI dan perguruan se Kalsel, 22 peserta diantaranya dari Persinas ASAD yang terdiri dari 12 wasit juri dan 10 pelatih utusan kota /Kabupaten.

Ketua IPSI Kalimantan H. Sahbirin Noor yang merupakan Gubernur di provinsi itu melalui Wakil Ketua Runik Erwanto SH mengatakan dalam sambutan penutupan, bahwasanya kegiatan dilakukan selain meningkatkan kwalitas persilatan di Kalimantan Selatan juga kuantitas wasit dan pelatih guna mendukung keberhasilan atlet di event-event nasional mendatang.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Lembaga Wasit Juri PB IPSI, Titik Hayati sebagai narasumber.

Sementara Ketua Persinas ASAD Kalimantan Selatan Kalimantan, H. Giono, S.Pd melalui Ketua Lembaga Pelatih, H. Budi As’ari sekaligus mewakili peserta pelatihan mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada pengprov IPSI atas terselenggaranya acara itu.

“Alhamdulillah, terimakasi kepada jajaran IPSI Kalsel, beserta ratusan peserta lainnya bisa ikut penataran sekaligus sosialisasi peraturan pertandingan terbaru,” ungkap Budi.

Menurutnya, acara yang dilaksanakan di Aula BPSDM Banjarbaru bagaikan hal yang baru, karena Peraturan Pertandingan (PP) IPSI tahun 2022 itu bukan hanya revisi peraturan sebelumnya, namun lebih cenderung bisa dikatakan perombakan.

Pasalnya, perbedaan PP 2022 dan peraturan sebelumnya sangatlah jauh. Sehingga menurut Budi, sekelas apapun wasit, pelatih maupun atlit, ketika tidak dilakukan sosialisasi mustahil akan bisa memahami PP tersebut.

Kedepan, harap Budi, dengan adanya Penataran itu, Persinas ASAD Kalimantan Selatan dapat meningkatkan prestasi atlit di pertandingan-pertandingan yang akan dihadapi, utamanya untuk menghadapi Kejurnas PB Persinas ASAD yang akan dilaksanakan pada Oktober 2023.

Tentunya melalui beberapa tahapan seperti diawali dengan sosialisasi PP kepada seluruh komponen Asad hingga percobaan mengaplikasikan dalam pertandingan.

RZQ

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini