Jelang Ramadhan, Wabup Kotabaru Monitor Bansos Di Desa Rampa

0
32
Iklan

Kotabaru newsbin.com – Menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, SH sekaligus Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kotabaru, monitoring penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sembako tahap I Tahun 2023, pada Rabu (15/03) di Aula Kantor Desa Rampa Lama, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Newsbin pada Rabu (15/03/23).

Bantuan melalui PKH dan sembako dari Kementerian Sosial RI tersebut, sekaligus diserahkan Wakil Bupati secara simbolis kepada 659 Kepala Keluarga Penerima Manfaat ( KK KPM) dalam bentuk uang tunai dengan total sebesar Rp550.025.000,-

Arul (sapaan akrab Wakil Bupati) mengatakan bantuan yang bersumber dari APBN 2023 ini akan disalurkan selama 4 tahap dalam satu tahun di 22 Kecamatan se-Kabupaten Kotabaru.

Adapun jumlah penerima KPM dari PKH dan sembako di Bumi Saijaan yang akan disalurkan lewat PT Pos Indonesia Cabang Kotabaru adalah sebanyak 8.409 dengan total uang tunai sebesar Rp7.423.575.000,-

Bantuan ini diberikan dalam rangka peningkatan kesejahteraan keluarga penerima manfaat, baik di bidang sosial, kesehatan dan pendidikan, sekaligus bagian dari upaya pencegahan stunting, kemiskinan ekstrim, serta mengurangi dampak inflasi daerah. Dengan harapan dapat mendorong daya beli masyarakat kita khususnya keluarga pra sejahtera.

Melalui TKPKD itu, pemerintah akan terus berupaya mencarikan solusi terkait permasalahan yang ada di masyarakat, baik dengan dana APBN, APBD maupun pihak ketiga.

Ia juga menambahkan kepada keluarga penerima manfaat agar mempergunakan bantuan tunai yang diterima tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan.

“Kami berharap uang yang diterima ini dipergunakan dengan sebaik mungkin, untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Semangat jalani hidup dengan ikhlas, kita luruskan niat, legowo dan ikhtiar selebihnya kita bertawakal. Apapun yg terjadi dalam kehidupan itulah yang terbaik, harus kita jalani dan syukuri,” harapnya dengan sangat.

penyerahan tersebut wabup, didampingi Camat Pulaulaut Utara, Forkopimcam, Lurah Kotabaru Hulu, Kepala Desa Rampa Lama beserta jajaran, pendamping program keluarga harapan (PKH) Kabupaten Kotabaru, dan PT. Pos Indonesia.

Kepala Desa Rampa Lama, Samsir Alam mengucapkan terimaksih kepada Wakil Bupati, berkenan hadir untuk menyerahkan Bansos tahap 1 secara langsung kepada keluarga penerima manfaat (KPM) bagi masyarakatnya.

“Saya atas nama pribadi dan masyarakat desa rampa mengucapkan terimakasih, Bang Arul (sapaan wabup) berkenan hadir serta menyerahkan secara langsung bansos ini,” Ucap samsir.

Sementara itu, Wabup Kotabaru andi rudi latif dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan ini berasal dari pemerintah pusat yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kotabaru yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

“Bantuan kali ini berasal dari dana APBN yaitu program dari kementrian sosial, berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), tahap 1” Kata Wabup.

Lebih lanjut, Bang Arul mengatakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru terus berupaya mencarikan solusi terkait permasalahan yang ada di masyarakat dengan dana APBD maupun pihak ketiga.

“Kami terus berusaha, semoga kedepan kami bisa menyalurkan bantuan kembali, namun dengan dana daerah, maupun dari dana yang bersumber dari pihak ketiga, sehingga mampu meringankan hidup masyarakat kabupaten kotabaru yang kurang mampu,” tambahnya

Ia juga menambahkan kepada keluarga penerima manfaat agar mempergunakan uang yang diterima tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Kami berharap uang yang diterima ini dipergunakan dengan sebaik mungkin, membeli kebutuhan pokok dan keperluan rumah tangga sehari-hari, ” harap orang nomor dua di Bumi Saijaan itu.

RZQ

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini