Tim Rukyatul Hilal Kab Sukabumi Lakukan Pemantauan Di Pusat Observasi Bulan Di Cibeas

0
94
Iklan

Sukabumi Newsbin.com – Tim rukyatul hilal tidak melihat hilal penentuan awal syawal 1444 H/ 2023 M di Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Newsbin, pada 22/04/2023.

Demikian diungkapkan kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Sukabumi Asep Hidayat seusai pelaksanaan sidang Isbat ruhyat.

“Pada saat pelaksanaan barusan sekitar jam 6 kurang 10 menit sudah dilaksanakan rukhiatul hilal ternyata tidak kelihatan” ungkap Asep.

Dijelaskan Asep, saat pelaksanaan rukyatul hilal yang dilakukan para ahli kondisi cuaca cukup cerah meski sebelumnya sempat terjadi gerimis, namun para peruhyat menurutnya tidak melihat hilal seusai sidang isbat yang dilaksanakan pengadilan agama Cibadak.

“Biarpun memang cuacanya bagus, paginya cerah, tadi ada hujan sedikit, namun hilal tidak kelihatan” jelasnya.

Masih kata Asep, POB Cibeas merupakan salah satu tempat observasi bulan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang di peruntukan pemantauan hilal untuk 6 Kabupaten dan Kota di jawa barat.

“Alhamdulillah permohonan saya melalui pengadilan agama untuk melaksanakan sidang isbat sudah dilaksanakan dan dihadirkan 3 orang saksi yang dari BHRD yaitu ahli Rukhiatul Hilal” terangnya.

Untuk keputusan 1 syawal tim rukyatul hilal menyerahkan ke kementerian agama, mengikuti hasil akumulasi dari 133 titik di Indonesia.

Berdasarkan informasi tim yang melaksanakan rukyatul hilal terdiri Dede Sudanta dari DHR Kabupaten Sukabumi, tim ahli KH. Aang Muhammad Yahya, KH. Aceng Mahmud Ridwan, K.H Asep Saprudin, tim Rukyat dari Kemenag Kabupaten Sukabumi, Tim Rukyatul Hilal BHR Kota Sukabumi dan Tim Rukyatul Hilal BHR Kabupaten Cianjur.

Adapun Isbat Hasil rukyat di POB Cibeas dilakukan oleh Pengadilan Agama Cibadak kabupaten Sukabumi dengan Hakim Dra. Maripah selaku Ketua pengadilan Agama Cibadak didampingi panitera Pupu Syaripuddin.

Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini