Momentum Peringatan Otonomi Daerah Ke-XXVII Meningkatkan Dedikasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Must read

BUNTOK Newsbin.com – Peringatan otonomi daerah merupakan momentum meningkatkan dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Barsel, Lisda Arriyana saat apel besar peringatan hari otonomi daerah ke-XXVII dan halal bihalal Pemkab Barsel. Newsbin pada Rabu (26/4/2023) Pagi.

“Melalui peringatan hari otonomi daerah yang kita laksanakan pada hari ini agar dapat dijadikan sebagai momentum oleh segenap pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk secara bersama-sama memupuk semangat kerja, motivasi, dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan penyelenggaraan otonomi daerah yang berkualitas,” kata Lisda Arriyana.

Lisda mengatakan hari otonomi daerah setiap tahunnya diperingati pemerintah pusat dan daerah setiap tanggal 25 April sejak tahun 1996.
Puncak peringatannya akan dilaksanakan di kota makassar pada tanggal 29 april 2023 ini dengan tema ‘otonomi daerah maju, Indonesia unggul.
Menurutnya peringatan ini juga sebagai sarana menentukan kebijakan dan pemantapan pelaksanaan otonomi daerah untuk mewujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak untuk menuju indonesia emas tahun 2045.

Tujuan otonomi, lanjut dia, dengan mendelegasikan sebagian kewenangan dan sebagian urusan perintah untuk menjadikan daerah dalam mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan PAD.
Serta memacu percepatan dan pemerataan pembangunan, walaupun ada beberapa daerah yang masih memiliki pendapatan di bawah 20 % yang masih menggantung kan keuangannya kepada pemerintah pusat.

“Kedepan kita harapkan daerah-daerah otonom dapat meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya untuk dimanfaatkan dalam memenuhi program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” harap dia.

Serta juga meningkatkan IP, menurunkan kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur lainnya.
Terobosan inovasi diharapkan dapat memberi nilai tambah, disamping itu evaluasi penyusunan program dalam APBD dapat dioptimalkan agar bisa lebih tepat sasaran efektif dan efisien dalam membangun daerah.
Ia menambahkan saat ini masih dalam bulan syawal, atas nama pribadi, keluarga dan pemkab Barsel mengucapkan selamat idul fitri 1444 hijriah/ 2023.

“Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin, insyaa allah idul fitri ini telah membersihkan hati kita kembali fitri dan suci di hadapan-nya,” ucap dia.

Ia menyampaikan pelaksanaan halal bi halal merupakan tradisi mulia yakni manfaatkan untuk merajut kembali silaturahmi yang telah berjarak.

“Saya mengharapkan tidak ada lagi perbedaan diantara kita semua, mari kita jalani kembali silaturahmi dan membangun daerah yang kita cintai ini ke arah yang semakin baik,” kata dia.

(Herman)

Iklan

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article

You cannot copy content of this page