Lanal Kotabaru Bersama Ketua DPRD Dan Forkopimda Tanam Bibit Mangrove

0
215
Iklan

Kotabaru newsbin.com – Lanal Kotabaru beserta, Ketua DPRD dan Forkopimda lainnya melakukan kegiatan yang program pemerintah Indonesia (Presiden RI Joko Widodo) yang saat memerintahkan kepada Panglima TNI untuk melaksanakan penanaman bibit mangrove di seluruh pesisir wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Kotabaru. Newsbin, pada Rabu 17/05/2023.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setyawan mengatakan, dalam mensikapi intruksi orang nomer satu di Indonesia itu, pada Senin (15/05) melaksanakan penanaman ribuan bibit mangrove di area Markas Komando (Mako) di Desa Stagen, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Selain Bupati yang diwakili Assisten II, Drs, H. Murdianto, M.Si dan Ketua DPRD, Syairi Mukhlis, pihak Lanal juga melibatkan forkopimda lainnya seperti Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta Basarnas, Dinas Kehutanan serta pelajar dan lain-lain.

Hal itu dilakukan bertujuan untuk mencegah abrasi, sebagaimana disampaikan Presiden RI sekitar 3.800 ha (tiga ribu delapan ratus hektar) daerah pesisir Indonesia tidak tertanami mangrove yang kemudian ditanggapi Panglima TNI dan diintruksikan ke bawah untuk penanaman mangrove dimaksud.

“Sekitar 3.800 ha daerah pesisir Indonesia tak tertanami mangrove” ucap Danlanal.

Ditambahkan Danlanal, saat Panglima TNI masih menjabat sebagai Kasal, ia sudah menggerakkan penanaman mangrove kepada anggotanya. Kini penanaman mangrove kembali digalakan dan tidak menutup kemungkinan ini akan berkelanjutan.

“Mungkin akan dilaksanakan secara terus-menerus sampai tanah pesisir kita yang terkena abrasi ini tertanami mangrove semua” lanjut Edy.

Sebelumnya telah dilakukan hal yang sama di kawasan Bandara Gusti Samsir Alam dan PT. Arutmin. Untuk kali ini sedikitnya 1000 bibit mangrove yang telah ditanam

“Yang jelas masyarakat pesisir harus sadar, karena kita menanam mangrove perlu tenaga, biaya dan tentu harus dirawat. Tidaklah mungkin kita aparat TNI-POLRI menjaga terus apa yang sudah kita tanam, tentu saja peran dari masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pesisir harus turut serta untuk menjaga kalau itu terjaga maka lingkungan juga ikut terjaga dan terawat.

Dalam kesempatan itu, Syairi Mukhis mengapresiasi apa yang telah dilakukan Lanal, mengingat Kotabaru ini adalah salah satu kabupaten yang wilayah lautannya cukup luas.

Menurutnya, di sepanjang pesisir kotabaru memang kondisi di beberapa wilayah hutan mangrovenya mengalami kerusakan.

“Artinya dimana panjang pesisir pantai kita luar biasa dan kondisi hari ini memang ada beberapa wilayah kita yang mengalami kerusakan mangrove,” katanya.

(rzq)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini