Ajak Jaga Kamtibmas, Sat Binmas Polres Lamteng Gelar Lomba Sat Kamling

0
162
Iklan

Lampung Tengah Newsbin.Com – Guna menjaga Hari Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) yang aman dan kondusif, Sat Binmas Polres Lampung Tengah, Polda Lampung menggelar lomba Satkamling (satuan keamanan lingkungan) di wilayah hukumnya. Newsbin, pada Senin, 22/05/2023.

Kali ini, Kasat Binmas Polres Lampung Tengah (Lamteng), AKP Yuswantoro beserta KBO dan seluruh Kanit Sat Binmas selaku Tim penilai, melaksanakan penilaian di Lingkungan I Kelelurahan Bandar Jaya Barat, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung  Sabtu (20/05), sekira pukul 21.00 WIB.

Hadir dalam giat tersebut Camat Terbanggi Besar, Priyadi, S.IP.,MM beserta perangkat Kelurahan, Danramil diwakili Babinsa setempat, Sertu Tochman Hadi, tokoh agama tokoh masyarakat, dan Linmas.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si, melalui Kasat Binmas AKP Yuswantoro, menjelaskan bahwa salah satu tujuan utama diselenggarakan lomba Satkamling di wilkum Polres Lampung Tengah ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya gangguan Kamtibmas.

Selain itu, lomba Satkamling itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada 1 Juli 2023 mendatang.

Lebih lanjut, Kasat Binmas menjelaskan bahwa penilaian lomba Satkamling di wilkum Polres Lampung Tengah ini akan dilaksanakan dari tanggal 15 Mei s/d 31 Mei 2023.

“Tadi malam, kami sudah melaksanakan penilaian di wilkum Polsek Terbanggi Besar, tepatnya di Pos Kamling Kelurahan Bandar Jaya Barat,” kata Kasat Binmas saat dikonfirmasi. Minggu (21/5/23).

Adapun yang akan dinilai pada perlombaan Satkamling ini adalah peniaian SDM, kelengkapan sarana prasarana, giat operasional dan dukungan masyarakat serta pembinaan Satkamling.

“Kemudian, bagi yang mendapat juara 1 pada perlombaan Pos Satkamling tersebut, nantinya akan ditampilkan di tingkat Polda Lampung,” ujarnya lagi.

Yuswantoro berharap, kegiatan ini dapat memotivasi warga sekitar untuk lebih meningkatkan kegiatan ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing masing, sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Karena keamanan bukan hanya menjadi tugas pihak Kepolisian, melainkan keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” tambahnya.

Pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyakarat, khususnya untuk aktivitas ronda malam ini, diharapkan akan menjadi aktivitas rutin setiap malam, guna menekan aksi kejahatan dan potensi gangguan Kamtibmas lainnya menjelang Pemilu serentak 2024.

Kegiatan dihiasi dengan penyerahan alat penerang berupa senter guna mendukung sarana prasarana di Pos Kamling Kelurahan Bandar Jaya Barat.

Trimo Riadi.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini