Bawaslu Barsel Laksanakan Media Gathering Penguatan Pengawasan Pemilu 2024

0
123
Iklan

Buntok Newsbin.com – Bawaslu Kabupaten Barito Selatan, laksanakan media gathering penguatan pengawasan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang,Kegiatan media gathering tersebut dilaksanakan Bawaslu bersama dengan sejumlah wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI setempat. Newsbin, Selasa (10/10/2023) Pagi.

Dalam sambutanya Anggota Bawaslu Barsel, Su’aib mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini penguatan pengawasan pemilu melalui publikasi dan dokumentasi pengawasan pemutakhiran data pemilih.

“Termasuk juga penguatan pengawasan dalam penyusunan daftar pemilih dalam menghadapi pemilu serentak 2024 mendatang,” kata Su’aib

Ia menyampaikan pihaknya juga selalu melakukan pemantauan dan pengecekan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebelum dan setelah ditetapkan beberapa waktu lalu.

“Kita selama ini melaksanakan ‘Patroli Kawal hak pilih’ ke sejumlah desa yang ada di Barito Selatan,” ucap dia.

Ia menerangkan, patroli tersebut dilaksanakan pihaknya ke sejumlah komunitas-komunitas yang ada di sejumlah desa yang tersebar dienam kecamatan daerah ini.

“Hal itu dilakukan untuk memastikan masyarakat yang berhak memilih masuk dalam DPT dengan melakukan pengecekan namanya secara online,” jelas dia.

Kemudian lanjut dia, bagi yang namanya belum masuk dalam DPT, dapat melaporkan ke PPS, PPK dan KPU setempat.

Selain itu ia juga menyampaikan, pihaknya saat ini terus melakukan upaya mencegah terjadinya money politik dengan melakukan sosialisasi.

“Sosialisasi tersebut disampaikan kepada komunitas dan pelajar yang ada di daerah ini. Hal itu penting dilakukan agar nantinya terpilih anggota DPRD dan pemimpin yang berkualitas,” kata dia.

Sementara ketua panitia kegiatan, Milla Erawati menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk memberikan pemahaman terkait hal itu.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan media dapat mendukung pelaksanaan kegiatan yang sedang berjalan dan saling berkoordinasi serta dapat saling bertukar informasi dalam pengawasan tahapan,” ucap dia.

Acara media gathering tersebut dihadiri ketua PWI Barsel, Julius M. Sinaga dan sejumlah wartawan.

Pewarta: Herman

Editor: Shandy Pale.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini