Anggota DPRD Kotabaru (Roby) Singkronkan Raperda Ketenagakerjaan Bersama Disnaker, BPJS dan Kabag Hukum

0
131
Iklan

Kotabaru Nrwsbion.Com – Anggota DPRD Kotabaru sekaligus Politisi Muda Partai Perindo, Rabbiansyah, S.Sos atau Roby selaku Ketua Pansus Raperda Ketenagakerjaan untuk kedua kalinya mengumpulkan beberapa intansi yakni : Disnaker, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan Kabag untuk melakukan sinkronisasi Raperda Ketenagakerjaan. Newsbin,pada Sabtu 14/10/2023.

Acara yang digelar pada Senin (02/10) lalu bertempat di Gedung DPRD lantai ll, tepatnya di ruang komisi 1, dikatakan Roby, bahwa raperda yang menurutnya sangat bagus itu akan disingkronkan dari Undang-undang (UU) Ciptakerja dengan UU lainnnya yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Tujuannya untuk memberikan perlindungan, pelayanan serta mewujudkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi agar mampu bersaing.

Adapun ruang lingkup, lanjut Roby, sangatlah luas seperti memuat perencanaan Tenaga Kerja (TK), pelatihan TK, penempatan TK, penggunaan, hubungan kerja, jaminan sosial, hubungan industrial hingga sangsi administratif.

“Raperda ini sangat bagus, kita singkronkan dari UU Ciptakerja maupun UU lainya yang berhubungan dengan ketenagakerjaan,” ulas Roby.

Dalam hal pendukung, Roby mengajak untuk mencari informasi dan masukkan dengan menghadirkan pihak BPJS Ketenagakerjaan. Ia juga berharap Raperda itu dapat mengakomodir bagaimana peran Pemda, perusahaan melalui CSR nya atau pihak lain yang dapat mengakomodir pekerja rentan terdaftar di BPJS ketenagakerjaan.

Sehingga masyarakat yang berprofesi menjadi petani, nelayan, penjual pentol dan lain-lain dapat terakomodir jaminan sosialnya. Minimal jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Kita meminta informasi dan masukan agar Raperda ini lebih sempurna, misal kita panggil BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Di akhir ungkapnya, dengan memohon dukungan kaum buruh, ia berharap mampu menyelesaikan Raperda itu, sehingga pada tahun 2024 mendatang sudah dapat di dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kotabaru.

“Mudah-mudahan 2023 kami kampu menyelesaikan Raperda ini sehingga 2024 Gas Pool sudah bisa dilaksanakan. Mohon do’a dan dukungan masyarakat khususnya kaum buruh agar Raperda ini segera menjadi Perda sebagai bentuk perlindungan kepada buruh” tutup Roby.

pewarta :Rzq

Editor : Shandy

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini