Ketua DPRD Kotabaru Dukung Alihfungsi Bekas Tambang Menjadi Embung Air Bersih

0
169
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotabaru, Syairi Muklis, S.Sos memberikan apresiasi terhadap danau bekas galian tambang yang dialihfungsikan sebagai embung air bersih dalam rangka langkah mengatasi kelangkaan air di musim kemarau panjang. Newsbin, pada Selasa 20/11/2023.

Sejak awal pun Syairi sudah mendukung upaya-upaya pemerintah dalam penyelesaian krisis air yang kerap terjadi pada musim kemarau.

“Dari awal, DPRD sangat mendukung, tinggal keseriusan dari pihak eksekutif,” ujarnya.

Adapun wacana lokasi yang akan dijadikan sebagai penyuplai air yaitu bekas tambang yang beroperasi di wilayah Kecamatan Pulaulaut Tengah dengan kapasitas 15 juta M³ untuk melayani masyarakat perkotaan dan sekitar lokasi operasional perusahaan. Namun perlu dilakukan upaya-upaya oleh eksekutif dan legislatif terkait rencana alih fungsi galian tambang menjadi embung. Ia pun tak menepis sesuai Undang Undang Minerba; lubang eks galian tambang wajib direklamasi.

Terkait dengan alih fungsi, Syairi berkehendak bersama Bupati setempat mendatangi pihak kementerian, mengingat alihfungsi eks galian tambang ke embung adalah fasilitas umum untuk kepentingan masyarakat.

“Saya minta DPRD bersama-sama Bupati langsung mendatangi Kementerian terlebih dulu, perlu melakukan kajian mengenai wacana trersebut. Harus dilakukan kajian dulu supaya ketika menjadi embung atau waduk, kualitas airnya benar-benar aman,” tambah Ketua DPRD akhirnya.

rzq.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini