Pj. Bupati Sampaikan, “Dalam Menyerap, Melaksanakan Dukungan Dana BOKB Agar Mengacu Pada Peraturan Undang-undang, Dan Tertib Administrasi

0
14
Iklan

Buntok Newsbin.Com – H. Deddy Winarwan, Pj. Bupati Barsel Mengatakan, “Melalui Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) diharapkan berdampak langsung pada pencapaian target program Bangga Kencana serta terwujudnya kegiatan prioritas Nasional dalam Penanganan Stunting,” Ungkapnya. Newsbin, pada Kamis, 11/01/2024.

Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Setda Barsel Yoga P. Utomo saat membacakan sambutan Penjabat (Pj). Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Deddy Winarwan di aula Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kab.Barsel.

“Dalam menyerap, dan melaksanakan dukungan dana BOKB agar tetap mengacu pada peraturan per undang-undangan serta selalu tertib administrasi agar tidak ada penyalahgunaan serta penyimpangan-penyimpangan yang merugikan Negara,” Ujarnya.

“Mari terus bekerja sama dalam upaya mengoptimalkan serapan anggaran mendukung Program Bangga Kencana, dan Percepatan Penurunan Stunting. Bukan hanya itu, akan tetapi juga secktor lainnya seperti menurunkan angka kematian Ibu, dan Bayi bahkan angka kemiatian ekstrim,” Tambahnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov. Kalteng, Jeanny Yola Winokan mengatakan, “Dengan adanya tambahan anggaran sebesar Rp. 680 juta untuk Bantuan Operasional Sub Menu Keluarga Berencana di Kab. Barsel, Penggunaan dana tersebut dalam upaya percepatan Penurunan Stunting melalui Program Pembangunan Keluarga Kependudukan, dan Keluarga Berencana,” Ucapnya.

Pj. Bupati melalui Capaian yang sangat menggembirakan oleh Pemkab Barsel pada tahun 2023 dengan realisasi anggaran sebesar 94,24 persen dan masuk urutan ke empat tingkat Prov.Kalteng, pungkasnya.

Usai kegiatan Asisten I Setda Barsel Yoga P Utomo mengatakan bahwa bantuan anggaran DAK non fisik BOKB ini sangat meningkat bila dibandingkan pada tahun 2023 lalu.

“Barsel menerima Dana sebesar Rp. 2,3 miliar pada tahun 2024 ini, ada peningkatan sekitar 73 persen dari tahun sebelumnya. Berdasarkan Petunjuk Teknis Penggunaan BOKB Tahun Anggaran 2024 dinyatakan bahwa dana yang dialokasikan ke daerah untuk membiayai operasional kegiatan program prioritas nasional dalam pelaksanaan urusan pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang menjadi urusan daerah guna meningkatkan capaian pelaksanaan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana,” Ungkap Yoga.

“Dana BOKB dialokasikan kepada daerah tertentu untuk melaksanakan kegiatan yang disesuaikan dengan kewenangan daerah dalam mendukung upaya pencapaian sasaran prioritas pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana serta penurunan stunting,” Tutupnya.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini