Gudang Logistik Pemilu Di Buntok Kebanjiran, KPUD Langsung Surati KPU Kalteng Untuk Ganti Logistik Yang Rusak

0
15
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Hujan dengan intensitas cukup tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) hingga berdampak pada beberapa fasilitas peme­rintah yang ada di Kota Buntok. Luapan air Sungai Barito itu bahkan sampai masuk ke gudang penyimpanan logistik pemilu di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barsel, Jalan Melati. Luapan air menggenangi hampir seluruh bangunan yang ada. Newsbin, pada Jum’at, 12/01/2024.

Sekitar pukul 06.00 WIB, ketinggian air di depan kantor KPU membuat arus lalu lintas juga terganggu. Kendaraan tidak bisa melintas karena ketinggian air mencapai trotoar jalan. Setelah mendapati informasi perihal logistik pemilu yang terendam air, Deddy Winarwan bersama kepala OPD bergegas menuju Kantor KPU. Dengan didampingi Roslina, Ketua KPU, dan Su’aib, Ketua Bawaslu Barsel, Deddy melihat langsung kondisi Kantor KPU yang saat itu dikepung air.

“Melihat kondisi itu, saya bersama Sekda langsung menghubungi Damkar, dan BPBD untuk membantu menyedot genangan air, sekaligus membantu rekan-rekan KPU untuk menyelamatkan beberapa logistik agar tidak terkena air. Memang bencana seperti ini tidak kita kehendaki, karena ini bencana alam,” Ucap Deddy.

“Musibah tempo hari itu mengakibatkan kerusakan sebagian dari kotak suara, dan surat suara mencapai 20 persen lebih atau kita perkirakan ada ribuan surat suara rusak yang berada di aula penyortiran serta pelipatan surat suara, sekali lagi itu bukan gudang, karena gudang milik KPU letaknya berbeda dengan Kantor. Sebelum kejadian Petugas kami dalam tahap menyortir Surat Suara sesuai kebutuhan untuk Pilpres tahun 2024,” Ungkap Roslina, Ketua KPU Kabupaten Barsel, di ruang kerjanya, Jum’at, (12/01).

Dikatakanya, untuk menindaklanjuti itu, melihat dampaknya hingga mencapai 20 persen rusaknya logistik Pemilu 2024, sudah dipastikan akan dilakukan penggantian secepatnya, dan KPU Barsel akan Menyurati Perihal untuk penggantian logistik yang masuk kategori rusak ke KPU Kalteng yang nantinya akan dilaporkan ke KPU Pusat sebagai mekanisme penggantian logistik yang rusak.

“KPU Barsel secepat mungkin dalam waktu dekat akan menyurati dan membuat laporan perihal logistik yang rusak, baik kronologi hingga dampaknya ke KPU Kalteng, nantinya bahan laporan itu semua sebagai bahan untuk dilaporkan ke KPU pusat untuk meminta penggantian logistik maupun surat suara yang rusak,” Jelasnya.

Ketua KPU Barsel, berharap musibah tersebut tidak berdampak besar, mengingat Pemilu Pilpres tahun 2024 diadakan dalam waktu dekat, dalam waktu kurang dari 30 hari logistik yang rusak akan diganti dengan yang baru.

Bahkan kata dia pihak KPU bersama Pemda Barsel juga sudah mengadakan rapat untuk mencari solusi dan lainnya perihal musibah tersebut supaya tidak terulang lagi, dan tidak mengganggu pesta Demokrasi.

Berkaca dari kejadian itu, Roslina, Ketua KPU Barsel menambahkan, “Luapan air disaat hujan lebat sudah biasa terjadi di area Kantor, bahkan pada saat banjir besar pada tahun 2005 namun tidak sampai berdampak serius hanya menggenangi area halaman Kantor saja,” Imbuhnya.

Menurutnya, kenapa cuaca hujan tempo hari bisa berdampak serius, kita ketahui bersama bahwa Kantor KPU ini bangunan cukup lama, di areanya banyak bangunan perkantoran baru, sehingga keadaan tanah dan jalan sudah tidak seperti dulu, keadaan drainase juga pasti berubah, kemungkinan itu yang menjadi dampak musibah kemarin.

Ketua KPU Barsel juga mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada Pemkab Barsel, saat kejadian kemarin sigap membantu KPU, bahkan Pj Bupati bersama jajaran turut membantu disaat musibah terjadi.

“Saya pribadi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pj Bupati dan jajaran yang siap membantu, contohnya kemarin Damkar dan BPBD Barsel secepatnya memompa air disekitar kantor kami hingga drainasenya dan alhamdulillah air tidak menggenangi kantor sampai sekarang,” Tutupnya.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini