Pemkab Barsel Melalui WATAKAM Sosialisasikan Pendampingan UMKM

0
14
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Asisten Administrasi Umum Setda Barsel Mirwansyah menyerahkan Cindera Mata Kepada perwakilan UMKM. Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab.Barsel) melalui Dinas Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wirausaha Tangguh, Kompetitif dan Mandiri (Watakam), di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok. Newsbin, pada Senin, 19/02/2024.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Selatan Swita Minarsih, dalam laporannya mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk mendorong Pelaku usaha semakin kreatifdan inovatif dalam mengembangkan produknya, melindungi Produk UMKM dari pencurian ide dan plagiasi serta agar para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan dalam memperoleh legalitas sehingga produknyabisa diakses pasar modern.

Kedepan agar UMKM bisa naik kelas, dan bisa berbicara dikancah regional dan nasional dengan keterlibatan Pemkab Barsel dalam membantu mempromosikan produk UMKM, kata Swita.

Hal ini dibuktikan dengan telah diterimanya produk UMKM kita di Hypermart yang skalanya nasional, tambah Swita. Sosialisasi pendampingan ini melibatkan 100 UMKM yang ada di wilayah Kota Buntok, dan sekitarnya yang aktif dan memiliki produk namun belum mendaftarkan merknya, ujar Swita menutup laporannya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah (Kalteng) Hendra Ekaputra dlam sambutannya yang dibacakan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Muhammad Mufid mengatakan bahwa kekayaan intelektual adalah hak yang berasal dari hasil kegiatan intelektual manusia yang memiliki manfaat ekonomi, “Berbicara manfaat ekonomi dari implementasi Sistem Kekayaan Intelektual berkaitan erat dengan dunia usaha khususnya sektor UMKM,” Jelasnya.

“Untuk itu kontribusi terhadap perkembangan perekonomian suatu wilayah melalui hasil produk Kekayaan Intelektual yang didaftarkan dan diberikan perlindungan, akses kemudahan berusaha bagi UMKM juga diperlukan untuk Pembangunan, dan perkembangan ekonomi,” Ucapnya.

“Seluruh peserta kiranya dapat berperan aktif serta mengikuti kegiatan dengan baik sehingga informasi terkait perlindungan Kekayaan Intelektual serta pendaftaran pendirian Perseroan Perorangan dapat benar-benar dipahami dan diimplementasikan agar dapat membuat UMKM naik kelas dan mewujudkan Wirausaha Tangguh, Kompetitif, dan mandiri khususnya di Kab.Barsel,” Ungkapnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Barsel H. Deddy Winarwan dalam sambutnnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Barsel Mirwansyah mengatakan pemanfaatan sumber daya alam yang berlimpah di Kab. Barsel sebagai bahan dasar pembuatan produk baik makanan maupun kerajinan hingga menjadi produk unggulan yang patut dibanggakan, tidak terlepas dari peranan Pemkab Barsel melaui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM yang gigih memberdayakan masyarakat pelaku UMKM khususnya dalam mengolah potensi alam menjadi produk yang diminati kosumen.

“Dengan semakin berlimpahnya Produk Unggulan kita, sudah tepat kegiatan sosialisasi pendampingan usaha mikro kecil, dan menengah. Wirausaha Tangguh, Kompetitif, dan Mandiri (WATAKAM) ini dilaksanakan agar Pelaku UMKM sebagai Produsen makanan maupun kerajinan memiliki legalitas yang sangat penting dalam membangun kepercayaan Publik tentang Produk kita,”ujarnya.

“Selain manfaat memiliki branding bagi pelaku usaha industri kreatif, produk yang sudah memiilki branding juga bermanfaat bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan devisa dan pendapatan negara serta sebagai sarana pembangunan masyarakat di daerah sampai ke tingkat nasional,” Tutupnya sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Pendampingan UMKM.

“Usai kegiatan Mirwansyah menyampaikan bahwa bersama dengan Kemenkumham Provinsi Kalimantan Tengah, kita akan mendaftarkan UMKM dalam upaya untuk melindungi hak karya mereka dengan adanya pendaftaran itu terlindungi secara hukum dari merknya. Agar kekayaan intelektual kita terjamindan terjaga secara hukum,” Pungkasnya.

Turut hadir dalam cara tersebut Unsur Forkopimda Kab.Barsel, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat administrator dan Pengawas serta Pejabat Fungsional dilingkup Pemkab Barsel, Pimpinan Bank kalteng, Pimpinan Bank Rakyat Indonesia, Pimpinan Bank Mandiri, dan Pimpinan BNI Cabang Buntok.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini