Dalam Rangka Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan III 2024, Pj Bupati Sampaikan 8 Program Prioritas Pemkab Barsel

0
21
Iklan

Jakarta Newsbin.Com – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), H. Deddy Winarwan sampaikan 8 Program Prioritas pada Evaluasi Capaian Kinerja Pj. Bupati Barsel Triwulan III (TW III) Tahun 2024 di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri di Jl. Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat. Newsbin, pada Rabu, 28/02/2024.

Dalam laporan Pj. Bupati Barsel dalam evaluasi mencakup 3 aspek yakni aspek Pemerintahan, Aspek Pembangunan, dan Aspek Kemasyarakatan yang dijabarkan dalam 8 Program Unggulan.

Dari 8 program prioritas yang dipaparkan H. Deddy Winarwan menjelaskan kepada evaluator dari Itjen Kemendagri terkait capaian-capaian yang berhasil dilakukan pertama Penguatan Birokrasi, dan Pelayanan Publik (Melalui Pembangunan Mal Pelayanan Publik, Penyederhanaan Persyaratan layanan.

Kemudian menggratiskan biaya layanan, pembangunan sistem informasi SIDUTA untuk pelayanan Dukcapil, Membuka gerai-gerai layanan yang ada di setiap kecamatan secara terjadwal. Gerai tersebut dengan sebutan ‘MALEWU’. Ketiga, penanganan Stunting, inflasi dan Kemiskinan Ekstrem Melalui Gerakan Bapak dan Bunda Asuh stunting yang menangani keseluruhan anak stunting di Barito Selatan.

Dilakukan dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat miskin, pelaksanaan sidak harga-harga di pasar dan pelaksanaan operasi pasar murah. Yang ke empat, Ganta Ma Tumpuk (datang langsung), mengunjungi, bertemu dan berbincang bincang dengan warga masyarakat di 86 desa, 7 Kelurahan dan 6 Kecamatan dan Pembangunan Infrastruktur di Enam Kecamatan.

Ke Lima, peningkatan kehidupan beragama (Gerakan Sholat Subuh dan Sholat Jumat Keliling ke seluruh desa di Kabupaten Barito selatan). Ke Enam, pelestarian Budaya Dayak melalui Pemberian Mata Pelajaran Muatan Lokal di Sekolah dan Pelaksanaan Kegiatan Lomba Pidato Bahasa Dayak di Sekolah.

Yang ketujuh, Pembentukan Call Centre dan Help Desk untuk Menampung aspirasi masyarakat melalui ‘ITAH LAPOR’. Dan terakhir Peningkatan Kesejahteraan Tenaga Guru Honorer dan RT/RW melalui penambahan jumlah insentif sebesar 100 persen.

Dari paparan tersebut Pj Bupati Barsel, H. Deddy Winarwan menyampaikan sepuluh indikator wajib dan prioritas program atau kegiatan yang menjadi pokok utama pelaksanaan tugasnya, yang searah dengan kebijakan Presiden melalui RPJMN dan kebijakan Gubernur Kalimantan Tengah melalui RPJMD.

“10 indikator wajib dan prioritas program atau kegiatan yang saya sampaikan yaitu, Pengendalian inflasi, Penanganan stunting, BUMD dan BUMDes, Pelayanan Publik, Pengangguran, Kemiskinan Ekstrim, Kesehatan, Penyerapan anggaran, Kegiatan unggulan, dan tentang Perizinan,” Ucap Deddy.

Selanjutnya dalam evaluasi kinerja triwulan ketiga disampaikan beberapa inovasi dan kemajuan dalam berbagai sektor yang mencerminkan komitmen dan dedikasi dalam mewujudkan pelayanan publik yang optimal sejak awal kepemimpinannya.

”Untuk mewujudkan seluruh prioritas program ataupun kegiatan dimaksud kita tidak bekerja sendiri dengan kata lain membutuhkan kerjasama, koordinasi, sinergitas, kolaborasi dan dukungan seluruh stakeholders dan elemen masyarakat,” Tutupnya.

Dari hasil laporan kinerja yang dipaparkan Pj. Bupati Barsel kepada Tim Evaluator mendapat banyak apresiasi atas pelaksanaan kinerja Pj. Bupati yang ditunjang oleh jajaran Pemkab Barsel, yang tentunya ada beberapa catatan yang disampaikan oleh Tim Evaluator untuk menjadi perhatian.

Pj. Bupati bersama jajaran untuk hasil pelaksanaan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan yang lebih baik kedepan. Dalam pemaparan tersebut, Pj. Bupati didampingi Kepala Bappeda Kab. Barsel Jaya Wardhana, Plt. Inspektur Daerah Yuristianti Yudha.

Turut hadir pada Evaluasi Capaian Kinerja Pj. Bupati Barsel Triwulan III Tahun 2024, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Ida Safitri, Kepala Dinas Perkimtan Kab.Barsel Bennie S Mahar, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Barsel, Manat Simanjuntak, Plt Kepala DLH Kab.Barsel, Agus Inyulius, Plt. Kadis Kominfo Mario Aan, serta beberapa Kepala Bagian dan Tim Penyusun Laporan.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini