Sebanyak 149 CJH Barsel Ikuti Pemeriksaan Kebugaran

0
18
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Petugas Melakukan Pemeriksaan Kesehatan 149 CJH Kab. Barsel di Stadion Olahraga Batuah BuntokPemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) melalui Dinas Dinas Kesehatan (Dinkes) lakukan pemeriksaan kebugaran 149 orang Calon Jamaah Haji (CJH) musim haji tahun 1445 H/2024 M di Stadion Olahraga Batuah Buntok. Newsbin, pada Kamis, 29/02/2024.

Melaksanakan Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang perlu mendapatkan persiapan dan perhatian lebih bagi calon jamaah maupun instanti pembinaan dan pelayanan Kesehatan. Mengingat kebugaran jasmani bagi calon jamaah adalah merupakan ibadah fisik dalam waktu yang lama, pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan di tanah suci dengan kondisi geografis, karakteristik iklim yang berbeda dengan Indonesia. Kondisi kebugaran yang baik pada calon jamaah haji dapat dicapai dengan latihan fisik atau olahraga yang rutin yang dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci.

Dinkes Kab.Barsel melakukan pengukuran kebugaraan kepada 149 calon jamaah haji. Pengukuran kebugaran dilakukan dengan cara berjalan mengitari stadion Batuah dan diukur berapa waktu yang diperlukan untuk mencapai garis finish. Sebelum pelaksanaan pengukuran kebugaran, peserta calon jamaah haji melakukan senam bersama sebagai langkah pemanasan.

Plt. Kepala Dinkes Kab. Barsel Endang Sugiarti dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt. Sekretaris Huzaimah mengatakan pemeriksaan kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah dan berat badan, dilanjutkan dengan pengukuran kebugaran dengan menggunakan 2 metode yakni rockport walking test berupa yakni jalan cepat dan konstan dengan jarak 1,6 kilometer untuk calon jemaah haji yang sehat. Selain itu, terdapat metode Serta six minute walking test yakni berjalan selama 6 menit dengan diukur jarak tempuh untuk calon jemaah haji yang masuk resiko tinggi (resti) dan lanjut usia (lansia).

“Untuk bisa berangkat ke Tanah Suci, CJH harus memenuhi standar kondisi bugar. Sehingga semua aktivitas di Mekah dan Madinah nanti dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Barsel Arbaja mengatakan dengan kegiatan pemeriksaan kebugaran hari ini diharapkan nantinya seluruh CJH dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa ada kendala dan Kembali ke tanah air dengan keadaan sehat pula.

Sebelum melakukan latihan fisik, setiap CJH perlu mengikuti pengukuran kebugaran sehingga CJH tahu kondisi tubuhnya, apakah tingkat kebugarannya dalam kategori baik, cukup, atau kurang. Sehingga latihan fisik yang dilakukan sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH, tambahnya.

Kami berharap agar CJH kita tetap sehat dan dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik dan sempurna sehingga mendapatkan haji yg mabrur,”pungkasnya.

Turut hadir Pejabat Eselon III dan IV Dinkes, Petugas Kesehatan CJH Barsel, serta Pejabat Eselon lingkup Kantor Kementerian Agama Kab.Barsel.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini