Pada Hari Raya Nyepi Rahmat Nuryadin Sampaikan, “Sebagai Sumber Inspirasi Menata Perbuatan, Perkataan, Dan Pikiran”

0
22
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Rahmat Nuryadin sebagai Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Barsel, menyebutkan Hari Suci nyepi sebagai sumber inspirasi untuk menata perbuatan, perkataan, dan pikiran menjadi Tri Kaya Parisudha (tiga perbuatan yang suci, dan bersih), bagi umat Hindu. Newsbin, pada Senin, 4 Maret 2024.

Hal ini disampaikannya pada Safari Nyepi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel), di Desa Marawan Lama, Kecamatan Dusun Utara, Senin (4/3), “Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun baru Saka 1946 atau 2024 Masehi ini hendaknya menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu di Barsel, untuk kembali menata perbuatan, perkataan dan pikiran menjadi Tri Kaya Parisudha. Agar Umat Hindu mampu mengendalikan dirinya sendiri dan menghindari perbuatan adharma (sifat kebatilan),” Ungkap Rahmat.

Rahmat juga mengungkapkan, sesuai Tema Perayaan Nyepi yakni “Sat Cit Ananda Untuk Indonesia Jaya”, memberikan makna bahwa Sit Cit Ananda adalah sumber dari semua kesadaran dan kesempurnaan untuk mencapai tujuan akhir dari perjalanan spiritual dalam agama Hindu, “Kebahagiaan yang universal dalam ajaran agama Hindu, yaitu kita harus mementingkan kebahagian rohani agar Indonesia semakin jaya,” Tambahnya.

Perayaan Hari Raya Nyepi lanjutnya, memberikan pemahaman akan pentingnya toleransi dalam kehidupan manusia dan nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan perayaan Hari Raya Nyepi sebagai pedoman hidup dalam menjalin hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam.

“Agar kebahagiaan dan kedamaian senantiasa memayungi daerah kita, maka momentum perayaan Hari Raya Nyepi hendaknya memberikan inspirasi kepada kita untuk selalu menjaga keharmonisan hidup dalam menuju jalan kebahagiaan,” Tutup Rahmat, Asisten II Barsel.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini