Bupati Kotabaru Sampaikan LKPJ Dalam Rapat Paripurna DPRD

0
39
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Bupati Kotabaru, H. said Jafar Alaydrus, SH pada Kamis 28/03) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), H. Said Akhmad dalam rapat paripurna DPRD ke-6 persidangan ke-2 tahun 2024. Newsbin pada Jum’at 29/03/2024.

Dalam laporan Bupati, Sekda berharap dokumen LKPj yang dipaparkannya dapat memberikan gambaran terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di tahun 2023 sekaligus menjadi bahan evaluasi bersama.

Pada tahun anggaran 2023 realisasi pendapatan daerah Kabupaten Kotabaru meningkat dengan jumlah 2,5 Trilyun dibandingkan pada Tahun 2022 yaitu sebesar 1,7 Trilyun.

Realisasi belanja daerah tahun anggaran 2023 sebesar Rp 2,3 trilyun peningkatan capaian kerja. Kondisi menggembirakan pada sektor perekonomian membaik dan tumbuh diangka 4,29% , dibandingkan pada tahun 2020 sempat merosot tajam diangka minus 1,87% akibat Pandeki Covid – 19.

Indeks pembangunan manusia pada Tahun 2023, meningkat sebesar 72,01, dibandingkan pada Tahun sebelumnya diangka 69,74.

Angka pengangguran pada Tahun 2023, mengalami penurunan, dengan capaian sebesar 6,08%, sedangkan pada tahun 2022 sebesar 6,70%.

Di tahun 2023 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Tahun 2021 – 2026 yang memuat visi ‘Terwujudnya Masyarakat Kotabaru Yang Semakin Mandiri Dan Sejahtera Melalui Peningkatan Dibidang Agrobosnis dan Kepariwisataan’.

Beberapa indikator kinerja pemerintah Daerah sepanjang tahun 2023 sebagai berikut :

  1. Pembangunan di bidang pertanian terus kita mantapkan. Realisasi PDRB Sektor Pertanian Kabupaten Kotabaru mencapai 114,87% capaian ini ternasuk kategori sangat tinggi.
    Bidang Perikanan, pencapaian total produksi perikanan Tahun 2023 sebesar 101 Ribu Ton dari target 104 Ribu Ton. Sehingga masuk kategori capaian sangat tinggi. Indeks Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Kotabaru sebesar 98,81%, masuk pada kategori sangat tinggi.
  2. Bidang Kepariwisataan, meningkatnya kunjungan wisata, sehingga pendapatan asli daerah sektor pariwisata meningkat dengan capaian 1.413%. Meningkatnya investasi di Kabupaten Kotabaru Pada Tahun 2023.
  3. Meningkatnya penyerapan tenaga kerja, dibuktikan dengan capaian angka kesempatan kerja di angka 98%.
  4. Meningkatnya kualitas penataan ruang, sejalan dengan peningkatan sarana dan prasarana untuk mempercantik Tata Kota Baru.
  5. Meningkatnya derajat kesehatan, dibuktikan dengan meningkatnya usia harapan hidup warga Bumi Sa – Ijaan.
  6. Tercapainya tata kelola pemerintahan yang jujur, akuntabel dan transparan, dibuktikan dengan diraihnya predikat WTP atas laporan keuangan dari kementrian keuangan dan diraihnya Predikat Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah dengan kategori sangat tinggi dari Kementrian Dalam Negeri.
  7. Capaian sangat menggembirakan juga diraih pada pelaksanaan program wajib yaitu pelaksanaan kegiatan standar pelayanan minimal, berhasil menembus tiga besar capaian tertinggi pelaksanaan SPM di Provinsi Kalimantan Selatan.
  8. Keberhasilan pembangunan juga dibuktikan dengan penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Kotabaru selama Tahun 2023, yaitu antara lain sebagai berikut :
    Penhargaan dari Menteri Keungan atas raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 kali berturut – turut.
  9. Penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri atas Kineja Penyelenggaraan Pemerintah Tahun 2022 dengan Kategori Kinerja Sangat Tinggi.
    Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan atas Raihan Adipura.
  10. Dan lain-lain.

Dalam sambutannya ketua DPRD Kotabaru, Syairi Muhlis,S.Sos, mengatakan dokumen LKPJ yang disampaikan pemerintah daerah akan memberikan gambaran terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dibtahun 2023 kemarin, sekaligus sebagai bahan evaluasi ke depan yang lebih baik sesuai dengan amanat peraturan pemerintah RI

Dalam hal itu, Syairi bersyukur atas kerjasama serta senegi semua anggota dewan sehingga kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun anggaran 2023 mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah berkat kebersamaan dan sinergi semua pihak khususnya DPRD, kinerja penyelenggara pemerintahan daerah tahun anggaran 2023 mengalami peningkatan”, ungkap Syairi.

Rzq.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini