Amankan Arus Mudik Idul Fitri 1445 H, Polres Lampung Tengah Terjunkan 350 Personel Gabungan

0
171
Iklan

Lampung Tengah Newsbin.Com -Jajaran Polres Lampung Tengah, Polda Lampung menerjunkan 350 personel gabungan dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Krakatau 2024.newsbin,Rabu,03/04/2024.

Dimulainya operasi tersebut, ditandai dengan penyematan pita oleh Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M dan Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad kepada perwakilan dari satuan gabungan saat memimpin apel gelar pasukan di Mapolres setempat. Rabu pagi.

Pada pelaksanaan apel gelar pasukan Ops Ketupat Krakatau tahun 2024 ini dihadiri oleh Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, Dandim 0411/KM yang diwakili oleh Pabung, Kadishub, Kasatpol PP, BPBD, Damkar, Jasa Raharja dan seluruh tamu undangan lainnya.

Kapolres Lampung Tengah dalam amanatnya mengatakan, Operasi Ketupat Krakatau 2024 dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada arus mudik dan arus balik perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kita ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik baik roda dua maupun roda empat, khususnya yang melintasi Kabupaten Lampung Tengah,” kata Kapolres kepada awak media usai memimpin Ops Gelar Pasukan, dilapangan apel Mapolres setempat dengan didampingi Forkompimda.

Kapolres melanjutkan, dalam kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Polres Lampung Tengah membentuk 9 Pos yang terdiri dari 1 Pos Pelayanan dan 8 Pos Pengamanan.

“1 Pos Pelayanan berada di depan Plaza Bandar Jaya, kemudian 8 Pos Pengamanan berada di simpang pasar Wates, simpang Terbanggi Besar, simpang Tugu Pepadun, simpang Randu, Rest Area Tol Trans Sumatera KM 116 A dan 116 B, Rest Area KM 163 A Gunung Batin, dan Rest Area KM 172 A Gunung Batin, Terusan Nunyai, Lampun Tengah,” terangnya.

Kapolres menambahkan, untuk titik rawan kemacetan, laka lantas dan kriminalitas, pihaknya telah melakukan pemetaan.

Selain itu, untuk gerak cepat personel pengamanan kata Kapolres, setiap pos-pos jalur arteri akan kita siapkan kendaraan R2 dinas Polri guna mengantisipasi apabila terdapat kendaraan macet / mogok di Jalan Lintas yang akan dilalui oleh para pemudik.

“Kami juga sudah melakukan kordinasi dengan bengkel- bengkel di jalur Jalan lintas Tengah Sumatera, jadi kapan saja bisa di hubungi bila di perlukan,” kata Kapolres.

Sedangkan, lanjutnya, untuk titik rawan aksi kriminalitas, kita sudah menempatkan personel Tim Tekab 308 untuk melakukan patroli rutin, di jalur tersebut.

Terkait Harkamtibmas, Kapolres berpesan kepada masyarakat, khususnya bagi para pemudik yang akan meninggalkan rumah untuk menjaga keamanan dengan melapor kepada Polsek terdekat maupun aparatur Kampung setempat, sehingga dapat terpantau dan masyarakat merasa aman dan nyaman.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad telah memerintahkan para unsur Dishub, Pol PP serta unsur pemerintahan untuk mendukung TNI Polri dalam rangka mengamankan dan melancarkan arus mudik dan arus balik di Lampung Tengah, termasuk menyiapkan tenaga medis guna menunjang Operasi Karakatau 2024.

“Sehingga, pelaksanaan arus mudik dan arus balik bisa berjalan dengan aman, nyaman, lancar dan sukses,” ungkapnya.

Usai apel gelar pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan Lat Pra Ops Ketupat Krakatau 2024, bertempat di aula Atmani Wedhana Mapolres setempat.

(Tim Liputan )

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini