Sampaikan Pesan Kamtibmas, Kapolres Lampung Tengah Safari Ramadhan di Kecamatan Seputih Surabaya

0
101
Iklan

Lampung Tengah Newsbin.Com -Jajaran Polres Lampung Tengah, Polda Lampung menggelar kegiatan Safari Ramadhan bersama masyarakat di masjid Al-Huda Kp. Gaya baru 1 Kec. Seputih Surabaya Kab. Lampung Tengah.Newsbin,Rabu (3/4/24) sore.

Kegiatan Safari Ramadhan di Kecamatan Seputih Surabaya tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M dengan didampingi para Kasat, Kasi, Kapolsek dan Perwira Polres Lampung Tengah.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan beberapa hal yang pertama terkait Keamanan.

AKBP Andik mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. Mewaspadai tindak kejahatan seperti Curat, Curas, Curanmor yang biasanya kerap terjadi selama Bulan Suci Ramadhan.

Kaplres menyebut bahwa keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama. Maka dari itu, perlunya kerjasama dari semua pihak dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang tetap aman dan kondusif.

Untuk menciptakan rasa aman kata Kapolres, setiap warga jangan pernah merasa aman. Karena, orang yang merasa tidak aman itu akan selalu mawas diri, selalu waspada terhadap lingkungannya.

“Contohnya seperti tidak memarkir sepeda motor sembarangan, bahkan bila perlu ditambahkan kunci ganda karena ia selalu merasa tidak aman. Sehingga hal tersebut dapat mencegah terjadinya pencurian,” kata Kapolres.

Kemudian, seiring kemajuan teknologi baik medsos dan lain lain, diharapkan warga paham dalam penggunaan handphone sehingga kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik.

Untuk itu, Kapolres berpesan kepada warga agar jangan mudah terhasut dengan berita-berita bohong atau hoax yang akan memperkeruh suasana.

“Pastikan dulu kebenaran suatu berita, agar tidak menimbulkan gejolak ditengah masyarakat,” pesannya.
Lebih lanjut, terkait paham radikalisme, Kapolres mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar tetap memperkuat soliditas dan mengedepankan nilai Toleransi dalam bermasyarakat, sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh paham – paham yang bertentangan dengan nilai Pancasila.

“Karena masyarakat Kab. Lampung Tengah ini jumlah penduduknya sangat padat dan wilayahnya sangat luas, kemudian masyarakatnya juga heterogen, sangat dimungkinkan dapat disusupi suatu paham atau aliran radikal. Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati hati dan jangan sampai terpengaruh oleh aliran radikal” imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres tak henti hentinya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi peredaran barang haram Narkoba di wilayah hukum Polres Lampung Tengah, khususnya di wilayah Seputih Surabaya.

Kapolres juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk turut serta aktif dalam mencegah, mengawasi, dan menjaga keluarga juga warga sekitar lingkungan, dari peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.

“Laporkan segera kepada kami, apabila mendapat informasi terkait peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masing masing,” imbuhnya.

Terakhir, menjelang pelaksanaan Pilkada 2024, Kapolres berpesan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Seputih Surabaya agar tetap menjaga kerukunan antar warga.

“Jelang Pilkada 2024 yang semakin dekat, saya berharap kepada seluruh masyarakat, walaupun berbeda pilihan, jangan sampai hal tersebut menjadi polemik yang dapat memecah belah persaudaraan. Tetap kita hidup guyup rukun dan terus menjaga kerukunan antar sesama,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kecamatan Seputih Surabaya H. Kaslan Harseno, unsur Forkopimcam, pengurus Muhammadyah dan Nahdatul Ulama Kec. Seputih Surabaya, Kepala Kampung, para tokoh masyarakat serta jamaah 150 orang.

( Tim Liputan )

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini