Pemkab Kotabaru Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila di Harjad Ke-74

0
39
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Bertepatan dengan Hari Jadi (Harja) Ke 74, Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati pada Sabtu pagi, (01/06/2024). Dimana, pada upacara itu diwarnai dengan Bupati Kotabaru, H. Sayed Jafar Alaydrus, SH, beserta pejabat lainnya yang mengenakan pakaian adat Suku Banjar, ada yang mengenakan baju Baamar Galung Pancar Matahari. Newsbin, pada Minggu, 02/06/2024.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengangkat tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025’ dengan Inspektur Upacara Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Drajat, S.A.P.

Selain Bupati Kotabaru, hadir secara langsung Wakil Bupati Kotabaru, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Sekretaris Daerah Kotabaru, Forkopimda, Ketua TP. PKK Kotabaru, Ketua DWP Kotabaru, dan SKPD.

Nampak menjadi peserta upacara dari anggota TNI-Polri, ASN hingga Mahasiswa dan Pelajar di Kotabaru.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi dalam sambutannya yang dibacakan Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Drajat., S.A.P mengatakan, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusitivitas, toleransi, dan gotong-royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinekka Tunggal Ika’.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucapnya.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” lanjut Dandim.

Menurutnya, perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indoensia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Upacara dihiasi dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Kotabaru dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-74 yang juga jatuh pada tanggal 01 Juni sekaligus Launching Peluncuran Logo Akses Sa-Ijaan (Anak Kotabaru Semua Sekolah) dalam mensukseskan program Penanganan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Kotabaru yang ditandai dengan pelepasan balon.

Rzq

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini