Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Kotabaru Taman 10.000 Bibit Mangrove

0
27
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotabaru pada Rabu (05/06) melakukan kegiatan penanaman 10.000 bibit Mangrove, di pesisir Desa Tanjung Pangga, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru. Newsbin,pada Kamis 06 Juni 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, Muhammad Maulidiansyah, dalam sambutannya mengatakan bahwasanya krisis iklim menjadi isu lingkungan yang saat ini marak dibahas karena dialami hampir oleh seluruh masyarakat se dunia.

Salah satunya adalah peningkatan suhu rata-rata bumi yang disebabkan oleh efek gas rumah kaca. Belum lagi penggunaan bahan bakar fosil dan kurang bijaknya pemanfaatan sumber daya alam menjadi faktor pemicu terjadi pemanasan global.

“Konsekuensi dari perubahan iklim yang kita rasakan saat ini antara lain, kekeringan hebat, kelangkaan air, kebakaran hebat, naiknya permukaan air laut, banjir, pencairan es kutub, badai dahsyat dan penurunan keanekaragaman hayati,” ujar Maulid.

Sebagai generasi penerus, lanjut Maulid, semua pihak wajib ambil bagian dalam menjaga, memperbaiki dan melestarikan lingkungan. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kelestarian ekosistem pesisir.

Program yang sudah menjadi program rutin selama 4 tahun, di 3 tahun terakhir DLH memfokuskan pada perbaikan ekosistem pesisir mengingat wilayah pesisir memiliki sumbangsih besar terhadap cadangan karbon, produksi oksigen, hingga pelestarian tempat hidup biota laut.

Pada tahun 2024 pihaknya melanjutkan langkah baik yang sudah dimulai dengan melakukan kerjasama dalam “Kolaborasi Mitigasi Pengendalian Pesisir Dengan Penanaman 10.000 Bibit Mangrove di Desa Tanjung Pangga”. Aksi lingkungan ini mengajak seluruh pihak baik pemerintah daerah, instansi teknis terkait, pelaku usaha, sekolah dan Masyarakat.

Hadir dalam kegiatan itu Kadis LH Kabupaten Kotabaru, Forkopimcam setempat, beberapa perusahaan, Kepala Desa, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Pangga, siswa dan guru sekolah, Kelompok Tani Harapan Bersama, serta masyarakat Desa Tanjung Pangga.

Rzq

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini