Peringati Hari Lahir Pancasila Wakil Ketua II DPRD Lamsel Bacakan Teks Pembukaan UUD 1945 Tahun 2024

0
13
Iklan

Lampung Selatan Newsbin.Com – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar upacara dengan agenda memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang dipusatkan di Lapangan Korpri Kalianda Kabupaten setempat.Newsbin, Pada senin, 3 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Lampung Selatan, Agus Sutanto ST, mendapatkan kepercayaan membacakan teks Pembukaan UUD 1945 .

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh karena itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan prikeadilan”.

“Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang merdeka, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada:

Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan dan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,”kata legislatif dari Fraksi Golkar ini.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Lapangan Korpri Kabupaten setempat itu dipimpin langsung Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dihadiri Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, Kajari Lampung Selatan Afni Carolina dan Sekretaris Daerah Thamrin beserta para pejabat utama Pemerintah setempat.

Timred

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini