Bahas Kuota Jemaah Indonesia, Jokowi Di Minta DPR Temui Raja Salman

0
81

Indonesia Newsbin.Com – Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, untuk membahas perjalanan haji jemaah Indonesia tahun 2021. Newsbin, Pada Selasa 25/05/2021.

Yandri mengatakan, hingga saat ini Indonesia belum memperoleh kepastian terkait tindaklanjut keputusan Arab Saudi yang telah membuka ibadah Haji 1442H/2021 bagi umat muslim luar negeri.

“Kita bahkan waktu itu ada beberapa anggota Komisi VIII menyampaikan kalau perlu Pak Presiden dengan kedekatannya dengan Raja Salman, itu bisa komunikasi langsung,” tutur Yandri pada wartawan di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta Senin, 24 Mei 2021.

Karena pengalaman dari tahun ke tahun, lanjut dia, Indonesia terhitung menjadi salah satu negara yang mengirimkan jemaah hajinya.

“Nah kalau misalkan negara lain mengirimkan calon jamaah haji, sementara Indonesia tidak mengirimkan itu menurut saya ada sesuatu yang sangat kurang di Tanah Suci,” ucapnya.
Yandri menilai komunikasi antar kepala negara memungkinkan percepatan kepastian berapa jumlah kuota yang diperoleh Indonesia untuk mengirimkan jemaahnya. Indonesia sendiri menargetkan dapat memberangkatkan 60 ribu jemaah haji tahun ini.

Adapun terkait kepastian yang tak kunjung datang dari Arab Saudi, Yandri menyampaikan akan membahas persoalan tersebut bersama Kementerian Agama akhir bulan ini.

“Ini mungkin akan kami bahas nanti tanggal 31 Mei dengan pak menteri agama untuk melihat persiapan teknis dan non teknis. Termasuk kepastian dari pemerintah Saudi, ada nggak Indonesia diundang untuk memberangkatkan calon jamaah haji, yang sampai hari ini belum ada kepastian,” kata dia.

Nur. D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here