Beranda Asia Indonesia Di Saat Detik Detik Proklamasi RI, Polres Palangka Raya Tangkap Karhutla

Di Saat Detik Detik Proklamasi RI, Polres Palangka Raya Tangkap Karhutla

27
0

Palangka Raya Newsbin.Com – Kembali Polres Palangka Raya menangkap pelaku pembakar lahan yang melakukan aksinya di Jl. Gurame II Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, pada Sabtu, 17/08/2019, sekitar pukul 09.00 WIB.

Tersangka PR (40) diamankan piket SPKT Polres Palangka Raya setelah sebelumnya mendapat laporan dari masyarakat yang merasa khawatir atas perbuatan PR (40) yang membersihkan lahan dengan cara di bakar.

Segera setelah mendapat laporan piket SPKT menuju ke Jl. Gurame II untuk mengamankan pelaku.

Benar saja saat di lokasi PR sedang membersihkan lahan dengan cara membakar semak yang sebelumnya telah di potong mengunakan sabit.

Segera piket dibantu warga dan tersangka mematikan api bekas pembakaran agar tidak merembet dan membesar.

“Kita amankan pelaku pembakar lahan dan alat yang digunakan untuk melakukan perbuatan. Kita akan serahkan ke Reskrim untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” kata Aiptu Ichwan Wahyudi yang menjabat Kanit I SPKT Polres Palangka Raya.

Menurut Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, S.I.K., M.Si melalui Kasatreskrim AKP Nandi Indra Nugraha, S.IP., S.I.K. mengatakan sebelumnya tersangka disuruh oleh Berlian (52) untuk membersihkan lahan miliknya di Jl. Gurame II, kemudian pada hari Jum’at 16/08/2019 sekitar pukul 11.00 WIB tersangka PR (40) mulai membersihkan lahan dengan cara di tebas dengan menggunakan sabit dan di bakar.

“Karena belum selesai kemudian pada hari Sabtu 17/08/2019 pukul 09.00 WIB tersangka kembali membersihkan lahan dengan cara di bakar karena cuaca panas dan angin kencang api dengan cepat menyebar dan membesar sehingga lahan membakar seluas 50 meter persegi,” lanjut Kasatreskrim.

Untuk tersangka pembakar lahan di Jl Gurame II dengan inisial PR (40) di sangkakan dengan pasal 187 KUHP Subsider Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 25 Perda Propinsi Kalteng No. 5 tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan atau Lahan Tanpa Ijin dengan ancaman hukuman maksimal dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Hadiboy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here