Beranda Politik Ceremonial Hari Amal Bhakti Ke-74 Kementrian Agama RI Tahun 2020 Dihadiri Kasdim/0607 Kota...

Hari Amal Bhakti Ke-74 Kementrian Agama RI Tahun 2020 Dihadiri Kasdim/0607 Kota Sukabumi

139
0

Sukabumi Newsbin.Com – Bertempat Lapang Merdeka Kelurahan Gunung Parang Kec. Cikole Kota Sukabumi
telah di laksanakan Upacara
Peringatan Hari Amal Bhakti ke -74 kementrian agama RI thn 2020. Newsbin, pada Jum’at, 3 Januari 2020).

Kepala Staf Kodim 0607/ Kota Sukabumi Mayor Chb R. Khoirulloh Amin menghadiri Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti ke -74 Kementrian Agama RI thn 2020. Dengan tema “UMAT RUKUN INDONESIA MAJU”.

H. Ahmad Fachmi sebagai Walikota Sukabumi, juga Selaku Pembina Upacara Membacakan Amanat Kementrian Agama RI, “Yang intinya Hari ini, kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama”.

“Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan, dan pengorbanan generasi terdahulu”.

“Dalam Negara Pancasila, siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian, dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda”.

Agama, Negara saling membutuhkan, dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Sejarah dunia sampai abad kedua puluh hanya mengenal dua teori menyangkut hubungan Agama, dan Negara, yaitu “teori integrasi”, penyatuan Agama dengan Negara, dan “teori sekularisasi”, pemisahan Agama dengan Negara. Para founding fathers Negara kita dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu “teori akomodasi” menyangkut hubungan Agama, dan Negara yang belum dikenal saat itu di Negara mana pun.

Kita dapat menjadi mengikuti pesan Pahlawan Nasional almarhum Jenderal Besar TNI Dr. Abdul Haris Nasution yang sangat relevan dengan misi yang dijalankan oleh Kementrian Agama,yakni, “Sebagai Negara baru kita tidaklah sekadar ingin mengejar ketertinggalan terhadap negara-negara maju, melainkan sebagai orang beriman kita ingin membangun kehidupan bermartabat spiritual dan material dengan ridho Allah.”

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan Agama, dan semua pemeluk Agama.

Dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya ditegaskan, “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk Indonesia Raya.” Pembangunan jiwa disebut lebih dulu daripada pembangunan raga atau
fisik. Tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Meski pembangunan infrastruktur fisik juga dilakukan oleh Kementerian Agama, namun itu dalam rangka menunjang pembangunan jiwa.

Kementerian Agama menyelenggarakan dua fungsi strategis, yaitu fungsi Agama, dan fungsi pendidikan.

Perserta Upacara Asn Kemenag se Kota Sukabumi, Siswa siswi Mts dan MAN se Kota Sukabumi sekitar.

Hadir dalam acara tersebut
H. Ahmad Fachmi Walikota Sukabumi, H. Andri Hamami Wakil Walikota sukabumi), Dida Sembada, Sekda Kota Sukabumi, Mayor. Chb. R Khoirul, Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Kompol Sulaeman Wakapolres, H. Andri Asda1 kota Sukabumi, H. Cecep Mansur Asda 2 kota Sukabumi, Kepala Kementrian Agama, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Dansub Denpom, dan Para Kadis Kota Sukabumi.

Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, Presiden Republik Indonesia kepada Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Agama Kota Sukabumi oleh Walikota Sukabumi atas nama Presiden Republik Indonesia.

Pendim 0607, Red Newsbin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here