“HARI RAYA NATAL DAN JELANG TAHUN BARU, DIRPOLAIR KORPOLAIRUD BERIKAN ARAHAN KEPADA PARA DIRPOLAIR POLDA JAJARAN, DAN KOMANDAN KAPAL PATROLI”

Indonesia Newsbin.Com – Hari Raya Natal telah tiba, aktifitas tahunan masyarakat berupa “Liburan Natal” pulang ke kampung halaman masing – masing atau berekreasi ke tempat – tempat wisata berlangsung di hampir seluruh wilayah Indonesia. Newsbin, pada Kamis, 26/12/2019.

Dalam rangka mengantisipasi kegiatan tahunan masyarakat ini, Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H. memberikan beberapa arahan kepada Direktur Polairud Polda jajaran dan Komandan Kapal Polisi yang sedang bertugas BKO di lapangan untuk dipedomani. Beberapa arahan seperti dikutip Humas Ditpolair Mabes adalah sebagai berikut :

  1. Agar seluruh unsur dan jajaran di lapangan untuk meningkatkan pengawasan di pelabuhan – pelahuhan resmi dan atau pelabuhan – pelabuhan rakyat (kecil) khususnya terhadap kelaik lautan kapal penumpang, kapasitas penumpang dan alat – alat keselamatan serta pendukung lainnya.
  2. Melaksanakan pengawasan secara terpadu bersama instansi terkait dan mengingatkan apabila ada tahapan atau Standart Operasional Prosedur yg tidak dilaksanakan oleh masing – masing penangung jawab operasional di lapangan.
  3. Meningkatkan kegiatan preemtif berupa himbauan – himbauan dan penerangan kepada masyarakat serta kegiatan preventif berupa patroli – patroli di titik – titik rawan baik di pelabuhan, backup pengamanan gereja, pasar – pasar terapung, dan tempat – tempat wisata di masing – masing Polda.
  4. Diperintahkan untuk kegiatan penegakan hukum (gakkum) dilakukan hanya benar – benar untuk kasus – kasus yang menonjol dan setelah kegiatan peringatan – peringatan telah dilaksanakan.
  5. Agar anggota tetap menjaga keamanan alat utama dan personel dalam pelaksanaan tugas dan tetap mengantisipasi kasus – kasus terorisme yg mungkin terjadi.
  6. Dirpolairudda agar dapat memanfaatkan semaksimal mungkin anggota dan kapal – kapal dari Mabes Polri yang sedang melaksanakan tugas BKO di Polda masing – masing untuk mendukung kegiatan pelayanan dan pengamanan selama Operasi Lilin Jaya 2019 berlangsung.
  7. Agar meningkatkan komunikasi dan koordinasi serta melaporkan segera ke Pimpinan apabila ada hal – hal yang sifatnya khusus dan menonjol.

Arahan – arahan tersebut adalah bersifat perintah untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh jajaran Direktorat Kepolisian Perairan.

Brigjen Makhruzi berharap agar operasi kemanusiaan berupa kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru 2020) dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman.

Kepada seluruh masyarakat pemudik baik yang menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara dihimbau agar senantiasa tetap berhati hati, mematuhi peraturan – peraturan yang sudah dibuat oleh petugas di lapangan. Kepolisian Perairan Republik Indonesia senantiasa siap melaksanakan tugas dalam rangka melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

“Kita harapkan anggota di lapangan tetap dalam kondisi sehat dan bersemangat, memiliki disiplin tinggi dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas mendukung suksesnya pengamanan Natal dan Tahun Baru dalam Operasi Lilin Jaya 2019 ini sesuai peran, tugas dan kewenangannya masing – masing”, ujarnya.

“Selamat Merayakan Natal, damai dan kebahagiaan menyertai kita semua”, tutup Brigjen Makhruzi.

Red Newsbin.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat