Mapolresta Metro Tangerang Ungkap Tindak Pidana Penipuan Bermotip Masuk Calon PNS

0
72
https://newsbin-online.com/wp-content/uploads/2020/06/Bhayangkara-ke-74.jpg

Tangerang Newsbin.Com – Polresta Tangerang Kombes. Pol. Sugeng Haryanto, Sat Reskrim Polresta Metro Tangerang, telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana penipuan dengan motip “Masuk Calon Pegawai Negri Sipil” di Instansi Pemerintahan Kota Tangerang. Newsbin, pada Jum’at, 4 Juli 2020

Dengan terungkapnya kasus penipuan Masuk Calon Pegawai Negri Sipil, berawal dari hasil laporan warga berinesial MSR sebagai Pelapor yang melaporkan ke Mapolresta Metro Tangerang. Dalam perkara dugaan tindak pidana penipuan, dan penggelapan. Awal korban kenal dengan tersangka pada sekitar tahun 2018, dari perkenalan tersangka menawarkan kepada korban bahwa tersangka bisa memasukan anaknya berinesial MSR menjadi PNS di Pemda Tangerang Kota, setelah di ketahui, ternyata pekerjaan tersangka adalah PNS di lingkungan Pemda Tangerang di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Untuk melancarkan upaya tersangka untuk bisa memproses masuk Pegawai Negri Sipil, Tersangka meminta uang kepada korban awalnya minta Rp. 100.000.000; (seratus juta rupiah) namun di tawar oleh korban menjadi Rp. 80.000.000; (delapan puluh juta), selanjutnya korban menyerahkan uang di rumah korban, dan tersangka menjanjikan sejak diterimanya uang tersebut dalam waktu (tiga) bulan ke depan maka korban akan menerima SK pengangkatan sebagai Pegawai Nergri Sipil.

Hingga saat ini anak korban yang berinesial FJI belum juga diangkat menjadi PNS sehingga korban menanyakan kepada tersangka prihal anaknya belum menjadi PNS sesuai yang di janjikan oleh tersangka. Selanjutnya tersangka memberitahukan kepada korban bahwa anaknya telah lulus menjadi PNS dengan pemberitahuan melalui Email. Setelah dilakukan pengecekan, dan diketahui ternyata surat tanda lulus melalui email tersebut pun diduga palsu.

Atas kejadian tersebut korban langsung laporkan tersangka, selanjutnya tersangka dilakukan penangkapan oleh Sat Reskrim Mapolresta Metro Tangerang di rumah salah satu korban yang berinesial ASW yang beralamat di kelas, Kedaung, Neglasari Tangerang Kota.

Setelah di lakukan penyidikan diketahui bahwa selain korban MTR. Ada korban lainya sekitar 27 (dua puluh tujuh orang) dengan mudus yang sama. Menjajikan bisa-bisa memasukan PNS, dan meminta uang dengan jumlah bervariasi antar lain Rp. 120.000.000; (seratus dua puluh juta rupiah)
Rp. 80.000.000; (delapan puluh juta rupiah).

Untuk lebih meyakinkan lagi setelah tersangka menerima uang dari para Korban. Selanjutnya tersangka menyuruh kepada korban untuk membeli pakaian seragam PNS beserta atributnya untuk persiapan masuk kerja. Namun sampe sekarang tidak ada satupun dari korban tersebut yang masuk, dan diangkat sebagai PNS.

Yang di rugikan langsung melaporkan Tersangka Pelaku ke Mapolresta Metro Tangerang, saat itu juga Satuan Reserse. Langsung menidak lanjuti laporan penipuan kasus 378 yang dilakukan oleh Oknum PNS Damkar. Sdr. Dani yang mengaku hasil dari perbuatan nya di pakai kebutuhan, dan membeli rumah.

Pelaku yang sudah melakukan Penipuan dari tahun 2018 ini, dengan modus bisa membantu masuk Pegawai Negri Sipil (PNS) dengan membayar ratusan juta rupiah. Total kerugian dari para korban mencapai Rp. 600.000.000; (enam ratus juta rupiah).

Kini Pelaku harus berurusan dengan Mapolresta Metro Tangerang untuk mempertanggung jawabkan perbuatan nya.

Harno.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here