Beranda blog

Ada Apa Dengan Hakim PN Bogor Larang Wartawan Meliput

0

KOTA BOGOR – Hakim Pengadilan Negeri Bogor, Ummi Kusuma Putri, SH, M.H., bersama Mathilda Christina Katarina, SH, M.H melarang para awak media untuk melakukan peliputan secara visual video. Dalam kasus gugatan perdata dengan nomor perkara 14/pdt.G/2020/PN. Bogor antara penggugat Benny Leimana dengan tergugat Martina Hendriati, SH. dan lainya Selasa, (08/09/20).

Menurutnya hal tersebut berdasarkan hasil rapat bersama sebelumnya. “Lebih baik, masnya’ minta izin kepada Kepala Pengadilan, karena tidak boleh mengambil video,” kata Ummi.

Sebelumnya, Ummi Kusuma Putri, mengijinkan para awak media untuk sekedar mengambil gambar. Namun kata dia, bila untuk video itu harus izin kehumas.

Setelah para awak media menemui Humas dan mendapat izin serta diperbolehkan untuk meliput video visual. Akan tetapi Ummi tetap melarang para wartawan tersebut untuk melakukan peliputan secara visual (video) dengan alasan yang sama. “Ini sudah keputusan rapat mas’, kalau mau, izin ke PN dulu dan kedepannya saya minta surat resmi dari medianya,” kata Ummi.

Sementara itu, ketika para awak media ingin menemui Kepala PN melalui Andi salah satu Panitra PN Kota Bogor. Ketua PN Bogor belum berkenan untuk di temui. “Ibu belum berkenan ditemui, dengan alasan masih banyak kesibukan,” jelas Andi.

Menurut Andi, hal tersebut lebih tepatnya Humas yang menyampaikan. “Ibu tadi menyampaikan ke-saya, bahwasanya lebih tepatnya humas yang menyampaikan, karena ibu sendiri tidak mengetahui rapat mana yang dimaksud ?,” tutur Andi.

Namun ketika dikonfirmasi Humas PN Kota Bogor M Solihin mengatakan, hal tersebut hanya miskomunikasi. “Mungkin ada miskomunikasi aja bang’, alangkah baiknya diomongin lagi bang’, mohon pengertiannya,” ucap Solihin melaui WhatsApp messenger. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

SAYED JAFAR PEDULI SESAMA BANTU KORBAN KEBAKARAN

0

Kotabaru Newsbin.Com – Musibah kebakaran yang menimpa warga Patmaraga Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Sigam, sedikit terobati dengan bentuk kepedulian serta sosial tinggi dari H Sayed Jafar Alydrus dengan sukarela mengunjungi dan berikan bantuan kepada korban. Newsbin pada Sabtu 31/10/20.

Dengan perkiraan jumlah ratusan korban di 6 (enam) RT tersebut menggugah kepedulian H Sayed Jafar membantu sebagai bentuk kemanusiaan.

“Saya terpanggil untuk melihat kondisi di lokasi kebakaran itu dan memberikan bantuan untuk meringankan beban warga yang kehilangan tempat tinggalnya,” ucapnya.

Tidak hanya memberikan bantuan, lanjut Sayed Jafar, pihak perusahaannya pun telah mendirikan posko penggalangan bantuan untuk warga yang terkena musibah dahsyat itu.

“Saya minta warga tetap menjaga kesehatan, tetap sabar dan tawakkal mengahadapi musibah ini,” tukasnya.

Kaperwil : run
Wakaperwil: Rzq
Kabiro kalsel : Dalepo

Dalam rangka milad ke 7 Forum wartawan Lebak (Forwal) bagi-bagi masker secara gratis sebanyak 1.500

0

Bayah banten Newsbin. Com – Puluhan wartawan yang tergabung dalam forum wartawan Lebak(Forwal) dalam rangka milad yang ke 7 menggelar bakti sosial bagi-bagi masker secara gratis untuk masyarakat dan pengendara di jalan raya di simpang 4 kecamatan bayah, Lebak banten. Newsbin Sabtu 31/10/2020.

Kegiatan tersebut didampingi Koramil 0315 Bayah yang mewakili,Polsek Bayah yang mewakili, KASAD pol PP bayah.dilakukan sebagai bentuk kepedulian wartawan yang tergabung dalam forum wartawan Lebak (Forwal) terhadap pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia, termasuk Indonesia. Bahkan di wilayah Kabupaten Lebak banten .

“Ada sekitar 1500 lebih masker gratis yang di berikan pada pengendara dan masrakat yang ada di wilayah bayah kita berikan cuma cuma,semoga masker yang di berikan bermaafaat,dan selalu mentaati protokol kesehatan, jaga jarak,selalu mencuci tangan dengan air yang mengalir.dan selalu pake masker jika keluar rumah pungkas koordinator forwal selatan Ahmad Abdul Rohim .

“Masih di tempat yang sama Sela Aulia selaku masyarakat dan pengendara mengucapkan terimakasih kepada forum wartawan Lebak (forwal) yang telah membagi bagikan masker secara gratis untuk masyarakat,semoga menjadi amal ibadah khusus buat FORWAL,saya peribadi sangat berterima kasih,dan saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke 7 buat forum wartawan lebak(forwal).semoga selalu sukses jaya terus . pungkas SELA.

SHANDY

KARANG TARUNA, DAN PSHT RAYON MEKAR PURA GALI DANA UNTUK KORBAN KEBAKARAN

0

Kotabaru Newsbin. Com – Dihari yang sama, Jum’at 30/10/2020 sebuah ide yang muncul dari Ketua Karang Taruna Ucok Defiandi dan Pembina PSHT Rayon Mekarpura Sertu Ansori tentang Peduli Bencana, dengan rencana yang singkat dan sederhana dapat mengumpulkan dana sebesar Rp 2.169.000,-. Newsbin pada Sabtu 31/10/2020

Ide yang muncul dari Ketua Karang Taruna Ucok Defiandi yaitu penggalian dana untuk korban kebakaran yang ada di Kelurahan Kotabaru dengan mengadakan pertandingan sepak bola persahabatan Laga Amal di lapangan Merdeka Mekarpura antara :

  • Tim Sepakbola Spinz.FC Desa Mekarpura
  • Tim SSB Spinz.FC Desa Mekarpura
  • Tim Sepakbola PGRI Kotabaru

Disela pertandingan yang dihadiri Kadus I (Satu) Wanto, segenap pengurus Karang Taruna bergotong royong memintakan sumbangan sukarela berupa uang tunai dan pakaian bekas pantas pakai kepada penonton untuk korban kebakaran. Laga Amal yang dilaksanakan pada pukul 16.00 – 18.00 Wita di lapangan Merdeka Desa Mekar Pura Kecamatan Pulau Laut Tengah berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 202.000,- yang kemudian disalurkan melalui Posko bencana di Kotabaru.

“Dengan adanya bantuan berupa pakaian layak pakai dan uang tunai, diharapkan dapat membantu dan meringankan warga masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Kotabaru” Hendak Ucok

“Sumbangan baik berupa pakaian dan uang tunai sudah disalurkan langsung ke posko kebakaran kotabaru” Pungkasnya

Disisi lain, dalam hari dan desa yang sama dengan lokasi yang berbeda muncul pula ide Pembina Drumben dan PSHT Rayon Mekarpura Sertu Ansori juga mengerahkan kepada anak binaannya untuk melaksanakan penggalian dana di depan Balai Desa Mekar Pura, dengan cara meminta sumbangan sukarela kepada masyarakat yang dihimpun menggunakan kotak amal berlogo PSHT, hingga menghasilkan sebesar Rp 1.967.000,-. Terkumpul pula pakaian bekas pantas pakai untuk membantu warga masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Kotabaru (Fatmaraga dan Sekitarnya).

“Menampung dan menyalurkan bantuan yang sudah terhimpun kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran di jalan Patmaraga dan sekitarnya” Tegas Ansori

Kaperwil : Run
Wakaperwil : Rzq
Kabiro Kalsel : Dalepo

ANDI RUDI LATIF SALURKAN BANTUAN KEMANUSIAAN BENCANA KEBAKARAN

0

Kotabaru Newabin. Com – Kebakaran yang terjadi pada pukul 02.00 wita Jum’at dini hari,  merupakan musibah kebakaran yang cukup besar yang menyebabkan ratusan warga kehilangan tempat tinggal, tepatnya di jalan Sukmaraga dan jalan Patmaraga Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru mendapatkan perhatian serius dari berbagai kalangan, baik dari dalam maupun luar Kabupaten kotabaru. Newsbin pada Jum’at 30/10/20

Andi Rudi Latif selaku Ketua Forum Komunikasi Tanggung Jawab sosial Perusahaan Kalimantan Selatan hadir ke lokasi bencana bertujuan meninjau sekaligus memberikan bantuan sosial kemanusiaan dana CSR PT. MSAM yang ada di wilayah Kotabaru.
“Tujuan saya datang ke lokasi kebaran ini sebenarnya bukan saja hanya untuk meninjau langsung lokasi kebakaran serta untuk mengetahui jumlah warga yang terkena musibah kebakarannya, akan tetapi sekaligus untuk menyerahkan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran dari dana CSR PT. MSAM yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru” Tutur Andi Rudi Sudjarwo Latif

“Saya berpesan kepada warga yang terkena musibah agar bersabar dan bertawakal dalam menghadapi musibah. Selain itu saya juga menghimbau kepada seluruh perusahaan maupun pengusaha yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru agar kiranya dapat memberikan bantuan kepada saudara kita yang terkena musibah kebakaran” Harapnya

Pada kesempatan itu kunjungan Andi Rudi Latif diakhiri dengan bertemu dan berkomunikasi dengan warga yang terkena musibah.

Dalam waktu dan tempat yang tidak jauh berbeda Open Donasi digerakan oleh Mahasiswa STKIP Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) 2019.

“Badan Eksekutif Mahasiswa STKIP Paris Barantai Kotabaru Open Donasi Pray For Kotabaru, Patmaraga dan Bakti,” Tukas Opie salah satu mahasiswa yang ikut serta dalam penggalangan dana bantuan korban musibah kebakaran.

Demikian Newsbin bersama Andi Rudi Latif dan Badan Eksekutif Mahasiswa STKIP Paris Barantai Kotabaru.

Run : Kaperwil Kalsel
Rozaq : Wakaperwil Kalsel
Dalepo: Kabiro Kalsel

Beri Santunan Ke Panti Asuhan Al Hidayah Dan Panti Asuhan Muhammadiyah

0

Pangkalan bun Newsbin. Com – Polres Kotawaringin Barat (Kobar) jajaran Polda Kalteng sekitar pukul 16.30 WIB. menyantuni puluhan anak yatim, piatu, dan duafa di dua panti asuhan, Newsbin pada Jumat (30/10/2020) sore.

Dimana kedua panti asuhan yang mendapat santunan tersebut diantaranya Panti Asuhan Al Hidayah, Jalan Natai Arahan, Kelurahan Baru dan Panti Asuhan Muhammadiyah, Jalan Jend. Sudirman, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kobar, Propinsi Kalteng.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah melalui Kabagsumda Kompol Nelson didampingi personel Polres Kobar.

“Kegiatan ini wujud kepedulian Polri terhadap anak-anak yatim piatu. Semoga dapat meringankan beban dan memberikan manfaat bagi panti asuhan dan membawa keberkahan,” kata Nelson.

Ditambahkannya, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang kurang mampu diantaranya anak yatim, piatu dan duafa. Santunan yang diberikan berupa bantuan sembako.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan kepedulian terhadap sesama, terutama anak-anak yatim piatu, sehingga dapat meringankan beban mereka,” jelas perwira berpangkat melati satu ini mengakhiri.

Team Newsbin.

RESPON CEPAT KODIM 1004 KOTABARU DIRIKAN POSKO DARURAT BENCANA KEBAKARAN

0

Kotabaru Newsbin. Com – Kebakaran yang diduga berawal dari sebuah pangkalan PLG Jum’at 30/10/2020 sekitar pukul 2.00 dinihari menghanguskan sekitar 200 rumah, menyebabkan sedikitnya 505 warga kehilangan tempat tinggal membuat Dandim 1004/KTB Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, S.E., M.I. Pol mengambil langkah yang tepat dengan mendirikan Posko Darurat bencana. Newsbin pada Jum’at 30/10/20

Dalam Hal ini Danramil Pulau Laut Sigam- Pulau Laut Utara Kapten Arh Eko Nugroho melalui Sertu Ansori memaparkan, bahwasanya didirikannya Posko Bencana Kebakaran dan pembuatan Dapur Umum yang dioperasikan mulai pukul 6.00 Hinga pukul 22.00 Wita selama batas waktu yang belum ditentukan ini mempunyai tujuan dan maksud yakni membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah kebakaran.
“Diharapkan dapat membantu dan meringankan warga masyarakat Kelurahan Kotabaru tengah yg terkena musibah kebakaran” Papar Ansori malalui WastAp

Lain daripada itu Posko juga dipergunakan untuk menampung bantuan dari berbagai intansi sekaligus menyalurkan bantuan yang sudah terhimpun kepada para korban.

Tergabung dan hadir dalam pendirian Posko di halaman Koramil 08/Pulau Laut Utara.- Pulau Laut Sigam Jl. Surya Gandamana, Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan Dandim 1004/KTB, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, S.E.,M.I.Pol, Kasdim Mayor Syamsul Kusairi, Pasilog Kapten Caj Yusuf Jhon, Pasi Ter Kapten Chb Supriyanto, Danramil 08/PL. Utara,
Kapten Arh Eko Nugroho, Dinas sosial, BPBD, Tagana, PT. Arutmin, Persit Kartika Chandra Kirana Dim 1004/KTB.

Run, Kaperwil
Editor : Rzq
Reporter : Dalepo

Jumat Berkah, Polsek GB Awai Gelar Baksos Salurkan Bansos Beras Polri

0

Buntok Newsbin. Com– Akibat dampak dari pandemi virus Covid-19, melemahnya sektor ekonomi memang dirasakan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, termasuk daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Prop. Kalteng,  terkhusus Kec. Gunung Bintang Awai (GB Awai).

Melihat hal itu, Polsek Gunung Bintang Awai (GB Awai), Polres Barsel, Polda Kalteng, Iptu Rahmat Saleh S., S.H., M.H. melalui Kanitbinmas Aipda Kristianto bersama Aipda Edisono menyerahkan sebanyak sembilan karung beras yang dibagikan kepada masyarakat pra sejahtera terdampak Covid-19 di Desa Tabak Kanilan, Newsbin pada Jumat (30/10/2020) pagi.

Dikatakan Kristianto, dimasa seperti ini sudah seharusnya kita lebih meningkatkan kepedulian kepada yang lebih membutuhkan, apalagi sekarang kita tengah dilanda pandemi virus Covid-19 yang dimana sebagian masyarakat kehilangan mata pencahariaan.

“Alhamdulillah, hari ini kembali kami bagikan sebanyak sembilan karung beras dengan berat lima kilogram untuk masing-masing kepala keluarga yang sudah kami data,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Polri kepada masyarakat dan upaya membantu pemerintah menanggulangi dampak dari pandemi Covid-19.

Herman S.

Satlantas Polres Kobar, Sosialisasi Ciptakan Kamseltibcarlantas

0

Pangkalan bun Newsbin. Com – Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) jajaran Polda Kalteng kembali turun ke jalan untuk mensosialisasikan terkait pelaksanaan operasi Zebra Telabang 2020.

Dipimpin Kasatlantas AKP Feriza Winanda Lubis melalui Ipda Wiyoto melaksanakan sosialisasi dan imbauan. bertempat di bundaran Tudung Saji, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kobar, Propinsi Kalteng. Newsbin pada Jumat (30/10/2020)

Kegiatan sosialisasi tersebut menyasar pada pengguna kendaraan roda dua dan roda empat yang akan melintas.

“Untuk sosialisasi kali ini kami fokuskan pada taat berlalu lintas, dimana mengingat jalan area Pangkalan Bun – Kolam di KM 3 mengalami rusak berat. Oleh karena itu, kami imbau kepada pengendara agar berhati – hati saat melintas dan tetap taati aturan yang berlaku,” himbaunya.

Pihaknya juga berharap dengan gencarnya sosialisasi ini dapat meminimalisir angka pelanggaran lalu linta sehingga terciptanya kamseltibcarlnatas. Khususnya di Bumi Marunting Batu Aji (sebutan Kotawaringin Barat)

Team Newsbin.

Botol Shampo, Tempat Napi Lapas Pangkalan Bun Simpan Sabu

0

Pangkalan bun Newsbin. Com – Sudah terjatuh, tertimpa tangga pula, itulah yang dialami seorang narapidana kasus asusila diamankan petugas LP karena kedapatan menyimpan narkotika jenis sabu. Meski masih menjalani masa hukuman di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II B Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalteng, Newsbin pada Kamis (29/10/2020)

Dikonfirmasi melalui pesan singkat Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, S.I.K melalui Kasatresnarkoba Iptu M. Nasir mengatakan, “Terungkapnya napi simpan sabu ini berkat ketelitian petugas lapas dalam pemeriksaan barang – barang milik tahanan,”

Tindakan warga binaan pemasyarakatan bernama Petrus Fredo Tropilo (26) itu, diketahui petugas lapas yang mencurigai gerak-geriknya.

“Kami dihubungi via telpon oleh personel LP Pangkalan Bun yang mengatakan bahwa ada satu orang narapidana yang kedapatan menyimpan satu paket sabu dalam sebuah botol sampo Zink. Mendapat informasi tersebut tim langsung menuju ke kantor Lapas guna mengamankan pelaku,” ungkap Nasir.

Ditambahkan oleh kasat, barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu paket narkotika jenis saabu dengan berat kotor 2,70 gram, satu buah botol shampo merk ZINC, satu buah gawai atau handphone merk vivo dan satu buah plastik warna ungu.

“Saat ini pelaku sedang kami mintai keterangan secara intensif terkait sabu yang disembunyikan pelaku,” jelas perwira berpangkat dua balok itu.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) atau 112 ayat (1) Undang – Undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp 10 Milyar.

Team Newsbin.

Inilah Harapan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., Kepada Humas Polri

0

Polri Newsbin.Com – Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., Menaruh Harapan Besar Kepada Humas Polri diusianya yang Ke-69 tahun, agar menjadi sumber informasi yang cepat, terpecaya, mudah diakses, dan objektif. Newsbin, pada Jum’at, 30/10/2020.

“Semoga Humas Polri menjadi sumber informasi yang cepat, mudah diakses, objektif dan terpercaya,” Kata Idham melalui video ucapannya pada Jumat (30/10).

Selain itu, orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini meminta agar, “Humas Polri selalu mengambil peran alias partisipatif dalam setiap momentum guna mendukung terpeliharanya Keamanan, dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang aman, dan kondusif, sehingga masyarakat semakin produktif,” Ungkapnya.

Tonggak sejarah Humas Polri dimulai saat keluarnya Surat Keputusan (Skep) berdirinya Dispenpol (Dinas Penerangan Polisi) yang ditandatangani oleh Kapolri pertama Jenderal (Purn) Raden Soekanto Tjokrodoatmojo tanggal 30 Oktober 1951.

Saat itu Dispenpol melakukan tugas dan kegiatan publik relation atau disingkat Purel. Kini, Humas Polri terus berkembang melesat maju dari masa ke masa seiring dengan perkembangan media, dan teknologi.

Perayaan puncak HUT Humas Polri ini rencananya bakal digelar secara virtual dan diikuti oleh seluruh Kabid Humas di seluruh Polda jajaran pada Senin 2 November 2020 yang akan datang.

Red Newsbin.