Beranda Politik Advertorial PAMERAN AGRO DAN KOPI BOGOR – BOGOR FEST 2019 DALAM RANGKA GEBYAR...

PAMERAN AGRO DAN KOPI BOGOR – BOGOR FEST 2019 DALAM RANGKA GEBYAR PANCA KARSA DAN PROGRAM 100 HARI

158
0

Kabupaten Bogor memiliki potensi dan keunggulan produk yang beragam di bidang pertanian. Potensi tersebut menunjang perwujudan Program Panca Karsa yakni Bogor MembangunBogor CerdasBogor MajuBogor Sehat, dan Bogor Berkeadaban. Program Panca Karsa bertujuan mewujudkan visi Kabupaten Bogor Tahun 2018 – 2023 yaitu “Terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban’ dengan misi, yaitu :

  • Mewujudkan masyarakat yang berkualitas;
  • Mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan;
  • Mewujudkan pembangunan daerah yang merata, berkeadilan dan berkelanjutan;
  • Mewujudkan kesalehan sosial;
  • Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

        Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor berupaya mewujudkan salah satu Program Panca Karsa yaitu Bogor Maju melalui 5 (lima) indikator kinerja dinas, yaitu :

  • Fasilitasi penerbitan Kartu Asuransi Tani;
  • Menjadikan Kabupaten Bogor sebagai produsen Kopi Robusta terbesar di Jawa Barat;
  • Terbentuknya Kelompok Tani Milenial di 40 (empat puluh) kecamatan;
  • Terwujudnya produsen benih unggul bersertifikat;
  • Terwujudnya gerakan ASN (Aparatur Sipil Negara) membeli beras produksi petani Kabupaten Bogor.

        Dalam rangka mendukung Gebyar Panca Karsa sekaligus mensukseskan Program 100 Hari Kinerja Bupati,Dinas Tanaman Pangan,Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor melakukan beberapa kegiatan, yaitu :

  • Peluncuran Ekspor Manggis Kabupaten Bogor

Acara peluncuran Ekspor Manggis Raya Bogor oleh Bupati Bogor, dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2019, bertempat di PT. Manggis Mahkota Sehati yang berlokasi di Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang. Adapun tujuan peluncuran ekspor manggis adalah :

ü  Mendekatkan tata niaga manggis dari petani langsung ke ekportir;

ü  Meningkatkan pemahaman para petani manggis tentang persyaratan ekspor manggis sehingga dapat meningkatkan motivasi petani untuk terus meningkatkan daya saing produknya melalui perbaikan produktivitas dan daya saing buah manggis.

Pada hari peluncuran ekspor manggis (hari Rabu, Tanggal 27 Februari 2019), buah manggis asal Kabupaten Bogor akan diekspor ke Negara Cina sebanyak 7 (tujuh) kontainer atau sekitar 126 hingga 140 ton.Pihak eksportir (PT. Manggis Mahkota Sehati) bekerja sama dengan 16 (enam belas) Kelompok Tani manggis di Kabupaten Bogor.

  • Panen Raya dan Peluncuran Beras Carita Makmur (beras ASN)

Peluncuran Beras Carita Makmur dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2019, bertempat di Gapoktan Sinar Sejati, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cariu. Kegiatan ini bertujuan agar hasil panen petani bisa dinikmati dan dibeli oleh masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya ASN. Pelaksanaan pembelian beras oleh ASN ini didasari oleh Peraturan Bupati Bogor nomor 9 Tahun 2019 tentang Pembelian Beras oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).   Melalui pembelian beras oleh konsumen langsung ke tingkat petani, diharapkan meningkatkan harga jual gabah di tingkat petani.Untuk pengadaan Beras Carita Makmur, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor telah bekerja sama dengan 18 (delapan belas) Kelompok Tani yang tersebar di 9 (sembilan) kecamatan, yaitu Kecamatan Tanjungsari, Kecamatan Cariu, Kecamatan Jonggol, Kecamatan Sukamakmur, Kecamatan Pamijahan, Kecamatan Tenjolaya, Kecamatan Cibungbulang, Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Jasinga dan Kecamatan Sukajaya.

  • Pameran Agro dan Kopi Bogor – Bogor Fest 2019

                Pameran Agro dan Kopi Bogor merupakan rangkaian acara Bogor Fest yang akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari, mulai tanggal 4 sampai 7 April 2019, bertempat di GOR Pakansari. Adapun tujuan pameran ini adalah :

(1) Memperkenalkan kepada pelaku bisnis, petani dan masyarakat umum bahwa Kabupaten Bogor memiliki hasil pertanian yang berkualitas dan membanggakan,

(2)Menciptakan brand awareness kepada masyarakat umum tentang hasil pengolahan dan pemasaran produk pertanian Kabupaten Bogor,

(3) Sebagai fasilitas untuk meningkatkan pemasaran hasil pertanian Kabupaten Bogor.

           Ada berbagai acara menarik yang akan ditampilkan dalam menggugah kepedulian masyarakat untuk mengunjungi area Pameran Agro dan Kopi Bogor, serta membeli produk pertanian lokal yang ditampilkan, yaitu :

–          Pameran produk pertanian unggulan produksi petani Kabupaten Bogor (beras, kopi, buah, sayuran dll);

–          Talkshow Kopi;

–          Minum Kopi Bogor gratis;

–          Kompetisi Buah Unggulan Lokal (alpukat dan jambu kristal);

–          Berbagai games untuk pengunjung pameran yang berhadiah menarik;

–          Gelar teknologi

–          Stand pameran, berupa tenda hanggar yang dilengkapi Misty Fan;

–          Hiburan band Top 40 dan Street Magician.

          Salah satu produk pertanian unggulan yang dipamerkan dalam acara ini adalah Kopi Bogor. Saat ini, Kopi Bogor tengah menjadi primadona sektor pertanian Kabupaten Bogor. Hal itu disebabkan berbagai prestasi yang pernah diraih oleh Kopi Bogor baik di tingkat nasional maupun internasional.   Prestasi-prestasi tersebut adalah :

(a) Kopi Cibulao dari Kecamatan Cisarua menjadi juara pertama Kontes Kopi Spesialti Indonesia Kategori Robusta pada Tahun 2016

(b) Kopi Lendong dari Kecamatan Tanjungsari mendapat peringkat ketujuh pada Kontes Kopi Spesialti Indonesia Kategori Robusta pada Tahun 2017

(c) Kopi Gunung Wangun dari Kecamatan Babakan Madang mendapatkan peringkat keempat pada Kontes Kopi Spesialti Indonesia Kategori Robusta pada Tahun 2018

(d) Kopi Catang Malang dari Kecamatan Sukamakmur mendapat Penghargaan Silver dan Bronze Gourmet oleh Agency for the Valorisation of Agricultural Products (AVPA) di Paris – Prancis pada Tahun 2018.  

Berkat berbagai prestasi tersebut, Kopi Bogor dipercaya untuk mewakili Indonesia pada helaran The Amsterdam Coffee Festival yang dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 3 Maret 2019 di Kota Amsterdam – Belanda.   Animo masyarakat Belanda terhadap kopi robusta asal Kabupaten Bogor sangat baik, mereka berkeinginan untuk mengimpor kopi tersebut di masa mendatang.

          Selain kopi, produk unggulan pertanian juga akan dipamerkan di stand Agro dan Kopi Bogor – Bogor Fest 2019, produk unggulan tersebut adalah buah dan sayuran lokal yang telah dilakukan proses sortasi sehingga terjamin kualitasnya. Harga buah dan sayuran cukup menarik karena dijual langsung oleh petaninya. Selain itu, membeli buah dan sayuran lokal merupakan wujud kepedulian pada peningkatan kesejahteraan petani Kabupaten Bogor.

          Untuk itu kami, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan mengajak seluruh masyarakat Bogor dan Sekitarnya untuk mengunjungi stand Agro dan Kopi Bogor – Bogor Fest 2019, dan membeli produk pertanian lokal yang dipamerkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here