PELAKSANAAN RAPID TEST COVID-19 DI DILMIL I-06 BANJARMASIN

0
47

Banjarbaru Newsbin.Com – Dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin mengadakan rapid test Covid-19 di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin, kegiatan rapid test ini Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Banjarbaru dan Tim Gugus Tugas Covid 19 Banjarbaru. Newsbin, Pada Rabu 21/04/2021.

Kepala Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin Letkol Chk Edfan Hendrarto, S.H., M.H. menyampaikan bahwa pemeriksaan Rapid Test COVID-19 terhadap pegawai pengadilan dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada aparatur pengadilan yang terkena COVID-19 sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, aparatur Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin tidak menjadi mata rantai penyebaran COVID-19. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa pelaksanaan test ini juga merupakan bentuk perhatian dan apresiasi Mahkamah Agung RI, khususnya Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin kepada seluruh pegawai yang telah menjalankan pelayanan publik, sehingga mendapatkan layanan Rapid Test Covid-19.

Sebelum melaksanakan Rapid Test, Tim Medis menjelaskan kepada para pegawai bahwa Rapid Test berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antibodi Immunoglobulin M (IgM) dan Immunoglobulin G (IgG) yang dibentuk oleh sistem kekebalan tubuh ketika terpapar virus. Apabila alat pendeteksi menunjukkan hasil reaktif, belum tentu pegawai terinfeksi COVID-19 karena ada kemungkinan antibodi IgM dan IgG dibentuk oleh tubuh karena infeksi virus yang lain. Oleh sebab itu, pegawai yang hasil Rapid Test-nya reaktif akan dirujuk ke rumah sakit untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memastikan hasil dari Rapid Test.

Hasil dari semua Rapid Test yang dilakukan oleh seluruh Hakim, ASN, PPNPN dan security menunjukan bahwa hasil Non Reaktif atau Negatif. Namun Kadilmil tetap mengingatkan kepada seluruh aparatur untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19, sebagaimana ditetapkan pula dalam protokol New Normal agar Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin tetap terhindar dari COVID-19 dan Masyarakat yang memerlukan pelayanan dari Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin dapat merasa aman.

Newsbin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here