Penyusunan Raperdes Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan

0
165
https://newsbin-online.com/wp-content/uploads/2020/06/Bhayangkara-ke-74.jpg

Kotabaru Newsbin.Com – Rapat Penyusunan Raperdes Sungai Bahim yang dilaksanakan Oleh BPD, ini sangat diapresiasi oleh Kepala Desa Asluddin. dari Sungai Bahim,  selaku Kepala Desa dimana dalam Penyusunan Raperdes oleh BPD dihadiri seluruh Prangkat Pemeritahan Desa Sungai Bahim juga, seluruh Ketua Rt, dan Dusun sertaTokoh Masyarakat yang ada di Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan. Newsbin, pada Senin, 23/12/2019.

Newsbin.com bersama Kepala Desa Asluddin,  terkait perencanaan Pembuatan Perdes yang beberapa kali sudah yang ingin dilaksanakan, hari ini telah terbentuk dengan baik, tinggal menunggu Pelaksanaan, Asluddin selaku Kepala Desa tentunya sangat berterimakasih dan ini akan segera ditindak lanjuti, terkait perencanaan Pembuatan Perdes untuk Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan. 

Adapun hal pokok pembahasan terdiri pertama; Potensi Desa yang banyak diangkat dan dibicarakan dalam penyusunan Perdes. 
Potensi Pendidikan, Potensi Kelautan, Pertanahan dan hal lain yang bisa menjadi Sumber Pendapatan,.

Sebagaimana PAD yang dibahas oleh BPD bersama Desa,
a. Inventaris Desa, sebagaimana tiap tahunnya yang sudah diadakan Pemerintah Desa, salah satunya Molen untuk Pengaduk Semen, telah disepakati bila dipakai oleh Perangkat Desa itu harus ada perawatan tentunya menjadi PAD nya Desa itu rp. 100.000.- dan bila dipakai oleh Masyarakat itu akan dikenakan biaya rp. 200.000.-
b. Untuk Inventaris PKK, seperti halnya Piring,  Gelas, Termus Nasi, dan itu disepakati olehMasyarakat yang hadir tadi, apabila ada pinjaman diluar dari Desa atau Kampung itu juga ada ujar Asluddin selaku Kepala Desa Sungai Bahim.

Juga untuk Pemakaian Sendiri itu tetap ada sesuai dengan tidak memberatkan Masyarakat, dimana juga Tenda Pedok untuk acara Pengantin itu juga ada dan Aset Desa tersebut disepakati bersama, kalau keluar dari Desa itu PADnya sebesar rp. 100.000.- hingga rp. 200.000.-  dan kalau dipakai didalam Desa itu juga tidak terlalu membebani Masyarakat, begitu pula seperti Air Bersih yang ada di Desa Sungai Bahim,  sebagaimana dari Desa lain datang ke Desa Sungai Bahim terutama Untuk Air Bersih. 

Dimana Air Bersih yang pergunakan baik untuk mencuci itu tetap juga dibebankan Rp. 5000.- dalam 1 Galon dengan isi 1200 liter atau Pertonngaya, sedangkan untuk Petani, Peternak diharapkan dibuatkan Pagar baik Petani agar Kebunnya bisa terawat dengan baik, bila situasi, dan kondisi baik juga, bersama Pemerintah Desa dan BPD serta Masyarakat tadi diharapkan selalu menjaga sehingga sinergi  dan terkendali pula dengan baik.

Dalam rapat Perencanaan Pembuatan Perdes juga dihadiri dari Kecamatan Pulau Laut Selatan, Camat H. Yusuf. S. Pd yang diwakili Busran, juga dari Perwakilan Danramil Pulau Laut Selatan, serta Anggota Bhabinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat .

“Harapan Saya selaku Kepala Desa Sungai Bahim dengan terlaksananya rapat yang dilaksanakan di Kantor Desa Sungai Bahim, mudah-mudahan kedepannya untuk Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan itu lebih bagus lagi”, Ujar Asluddin pada Newsbin.com disaat ditemui diruang Kerjanya.

Run Kaperwil Kal-Sel.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here