PEROGRAM PERLUASAN DAN PEMBANGUNAN KESEMPATAN

0
170

Sulawesi Newsbin.Com – Kegiatan pembinaan Usaha Kelompok Mandiri (UKM), Jenis kegiatan Tata Boga,
Program Perluasan, Pengembangan Kesempatan Kerja Melalui DPA-SKPD Prov Sulsel Dinas Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Prov Sulsel, pada Rabu 29/05/19.

Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Prov Sulsel bekerjasama dengan Unicorn Entrepreneur Association mengadakan Kegiatan Pembinaan Kelompok Usaha Mandiri di Luwu Timur tepatnya di tiga desa yaitu Burau Pantai, Lewonu dan Wonorejo Mangkutana selama 4 hari dan dibuka tanggal 27 Mei 2019 kemarin.

Kegiatan khusus tata boga ini memberikan pelatihan khusus dalam pengembangan produksi dan produk berkualitas seperti tips dan trik menghasilkan produk yang layak jual dan memiliki daya saing di pasar dengan kualitas yang bersaing.

Dengan mengembangkan produk yang berkualitas tentu saja dapat memberikan nilai jual yang tinggi di pasar, terang Edwin Riawan sebagai salah satu pemateri dan pelatih dalam kegiatan tersebut.

Bekerjasama dengan Unicorn Entrepreneur Association sebagai salah satu Asosiasi Wirausaha di Sulawesi Selatan, tentunya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap wawasan dan kemampuan para pelaku usaha mandiri di Sulawesi Selatan. Mengingat Unicorn merupakan Asosiasi yang memang konsen berkecimpung terhadap kesuksesan setiap pelaku usaha di seluruh Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan.

Musdalifa yang akrab di sapa Ipey yang juga sebagai salah satu pemateri dan pelatih dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing pasar yang tinggi memang membutuhkan kemampuan yang mumpuni yang akan memicu pengembangan dan perluasan usaha ke depannya sehingga setiap pelaku usaha mampu merekrut tenaga kerja baru di setiap waktu, minimal akan memberikan kesempatan kerja kepada setiap warga yang berada di sekitarnya.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sudah berlangsung sejak lama berpindah dari satu kabupaten ke kabupaten lain di Prov. Sulawesi Selatan. Yang kemudian menjadi tanggung jawab Kita bersama dalam memajukan dan meningkatkan perekonomian bangsa di Indonesia.

Tentu saja hal yang sangat diharapkan dalam kegiatan ini adalah terbentuknya kelompok kelompok usaha mandiri seperti tata boga, processing dan keterampilan lainnya di tengah masyarakat sehingga diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di kabupaten/kota di Sulsel. Demikian penjelasan ibu Ir. Juliana Makkarumpa., M.Si sebagai Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada pembukaan kegiatan kemarin.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan sangat tepat guna sesuai dengan kebutuhan para pelaku industri khususnya Pelaku Usaha Kelompok di Sulawesi Selatan, demikian Rara Khumairah selaku Humas dan Branding Unicorn Entrepreneur Association Sulawesi Selatan menutup perbincangan” pungkasnya.

SUHERLAN/DEWA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here