Beranda Asia Indonesia Puluhan Rumah Dilanda Banjir, Bhabinkamtibmas Bersama Warga Masyarakat Tingkatkan Kesiagaan

Puluhan Rumah Dilanda Banjir, Bhabinkamtibmas Bersama Warga Masyarakat Tingkatkan Kesiagaan

120
0

PALANGKA RAYA – Newsbin, Sembilan Puluh rumah dan sarana umum berupa Masjid, Polkesdes, dan gedung TK di Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangka Raya siaga banjir, Sabtu (4/5/2019) siang.

Rumah warga RT 01 dan RT 02 Kelurahan Petuk Katimpun berada di pinggir sungai Rungan yang akan mengalami banjir saat air sungai tersebut naik.

Hal tersebut dibenarkan oleh Iyul yang menjabat sebagai Ketua RT 01, bahwa Kelurahan Petuk Katimpun memang berada di pinggir sungai Rungan sering dilanda banjir.

“Jadi sudah biasa bagi kami bila masuk musim hujan dan air sungai naik maka kami bersiaga, namun jarang sekali air naik hingga ke dalam rumah karena rumah kita adalah rumah panggung,” kata Iyul Ketua RT

Hal senada juga dikatakan oleh Bhabinkamtimas Kelurahan Petuk Katimpun Aiptu Ade Maulana yang terus memantau tinggi muka air di Kelurahan yang menjadi binaannya.

“Tadi saat saya masuk dari Jl. Tjilik Riwut Km 10 menuju ke RT 01 dan RT 02 mulai jembatan box pertama, setelah kantor kelurahan air sudah mulai menggenangi sebagian jalan menuju ke kampung dengan tinggi air dari badan jalan sekitar 15 centimeter,” ucap nya

Dia melanjutkan, kemudian saat sampai di RT 01 dan RT 02 untuk tinggi muka air dari lantai rumah warga, masjid, sarana umum dan jalan Titian sekitar 30 centimeter.

“Tadi, kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah, saat ini siswa Ssekolah Dasar sedang libur awal puasa dari tanggal 3 sampai 11 Mei, jadi kegiatan belajar mengajar tidak terganggu,” terang Aiptu Ade.

Aiptu Ade menambahakan, Sedangkan untuk anak-anak, lansia dan ibu hamil yang perlu evakuasi sementara ini belum ada, dan maaih bertahan di rumah masing-masing.

Dari pantauan muka air sungai Rungan, masih naik pelan dan berdasarkan informasi di hulu sungai Rungan tinggi muka air sungai Rungan di hulu telah surut.

“Kita juga sudah melakukan himbauan pada warga RT 01 dan RT 02 Kelurahan Petuk Katimpun untuk meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati menjaga balitanya, jangan sampai ada korban jiwa karena kelalaian orang tua,” tutupnya.

Bakri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here