Sekolah Warga Baleriung Mandalawangi Dikunjungi Koordinator SW Nasional

0
51
https://newsbin-online.com/wp-content/uploads/2020/06/Bhayangkara-ke-74.jpg

Sukabumi Newsbin. Com – Sekolah Warga (SW) Baleriung Mandalawangi, Sukamaja, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mendapat kunjungan dari Koordinator Sekolah Warga Nasional (KSWN) Jumat (20/11). Newsbin pada Sabtu 21/11/2020.

Pada kunjungannya tersebut, KSWN meninjau langsung metoda sistem pembelajaraan di SW Baleriung Mandalawangi, mengajak anak berinteraksi serta berdialog langsung dengan anak-anak dan guru pendaping.

“Apa sih sekolah warga? Sekolah warga bukan merupakan sesuatu nama yang baru pada bahasa dunia pendidikan di indonesia. Sekolah Warga itu merupakan ekosistem belajar bersama. Ya, belajar bersama-sama, bertanya sama-sama,” kata Koordinator Sekolah Warga Nasional, Mang Deni Weje, kepada baleriung.com Jumat (20/11/2020) usai memberikan materi di Surade.

Lanjut Deni, sekolah warga merupakan siistem belajar secara tidak transaksional. Dirinya mencontohkan, jika tidak ada fasilitator maka pembelajaran tidak dilaksanakan sebagaimana ada murid dan hadirnya seorang guru.

“Ya, inilah cara metode belajar sekolah warga. Mereka, anak anak di ajak dialog, saling mengenal, saling memahami karakter, tidak ada penyekat antara guru dan murid,” terangnya.

Mang Dani berharap, sekolah warga Baleriung Mandalawangi bisa terus melanjutkan ekosistem belajar untuk tetap mengasah karakter anak didik. Yang terpenting menurutnya ada kehendak anak untuk belajar dan ber eksplorasi mencari dan memperlihatkan bakat masing-masing individu.

“Yang terpenting adalah bagaimana metoda pembejaran tidak dipaksakan. Ya, anak itu harus bisa, tidak demikian. Karena nantinya pun akan merujuk kepada pengalaman sendiri. Pribahasa pengalaman merupakan guru terbaik. Jadi, jangan sampai anak disempitkan kepada kepekaan untuk merdeka belajar, atau memerdekakan itu belajar,” pintanya.

Sementara itu, penggagas Sekolah Warga Baleriung Mandalawangi, Surade, Aa Soleh mengatakan, ungkapan terima kasih atas kunjungan Mang Deni Weje ke Sukabumi. Secara tidak langsung, Sekolah Warga Mandalawangi bisa mengadopsi syistem pembelajaran yang sudah dilaksanakan di ‘Sakola Motekar’ Ciamis, miliknya.

“Ya, kunjungan koordinator Sekolah Warga Nasional, Mang Deni Weje, jelas memberikan motivasi baru pada Sekolah Warga Baleriung Mandalawangi. Sukses Sakola Motekar miliknya di Ciamis, dengan metodanya, paling tidak bisa diterapkan disini,” Pungkasnya.

Dendi

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here