Tim PKK Kabupaten Barsel Berkomitmen Laksanakan Kegiatan Pencegahan Stunting

0
74
https://newsbin-online.com/wp-content/uploads/2020/06/Bhayangkara-ke-74.jpg

Buntok Newsbin.Com – Upaya pencegahan stunting pada anak di Barito Selatan membuat ketua tim PKK beserta jajarannya gencar melaksanakan koordinasi lintas sektor seperti dinas kesehatan dan dinas pendidikan untuk bekerja sama mencegah terjadinya kasus tersebut. Hal ini disampaikan oleh ketua tim PKK Kabupaten Barito Selatan Hj Permana Sari seusai melantik tim penggerak PKK kecamatan Dusun Utara dan Pengukuhan bunda PAUD Kecamatan, kelurahan dan 9 desa di wilayah kecamatan Dusun Utara. Newsbin, pada Kamis, 13/02/2020.

Dalam sambutan acara pelantikan tersebut Hj Permana Sari menyampaikan “Sehubungan dengan telah dilantiknya Tim Penggerak PKK kecamatan Dusun Utara dan pengukuhan bunda PAUD sekecamatan Dusun Utara kita berharap bisa bekerjasama dengan tim di desa agar lebih baik lagi dan tetap menjalin koordinasi dengan PKK di kabupaten agar semua program berjalan dengan baik dan program bisa terus berjalan dan berkelanjutan.”

Selaras dengan tujuan tim PKK sendiri Hj Permana Sari saat dibincangi awak media seusai pelantikan tim penggerak PKK di kecamatan Dusun Utara dan pengukuhan bunda PAUD se Dusun Utara mengatakan
“Peran PKK sendiri sangat penting ya saya kira karena didalam seluruh program pokok PKK kita antara lain, kita ingin membentuk anak anak Indonesia yang berkepribadian yang baik, sehat dan terampil.

Sebagai informasi stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama. Stunting pada umumnya terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh badan.

Dikutip dari situs Kemenkes, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Kekurangan gizi dalam waktu lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1.000 Hari Pertama Kelahiran) penyebabnya sendiri adalah karena rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan sert kurangnya sumber protein hewani.

Masih disampaikan oleh Hj Permana Sari Sebagai wujud peran serta aktif tim PKK kabupaten Barsel dalam program nasional yaitu
“Salah satunya program nasional kita pencegahan stunting kan itu didalam program pokok PKK juga sudah ada dan tahun ini insya Allah bisa berjalan dan bisa bekerja sama dengan dinas pendidikan kami akan melakukan pengukuran untuk anak-anak karena alatnya pun sudah tersedia.” Terangnya

“Kedepan Mudah mudahan bisa bekerja sama pula dengan dinas kesehatan dan dinas pendidikan hingga anak anak kita di Barsel ini lebih terjamin lagi kesehatan dan pendidikannya.” Pungkasnya

Herman S.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here