Beranda Asia Indonesia Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Kemarau

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Kemarau

29
0

Palangka Raya Newsbin.Com – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus, dan September 2019.

Seiring dengan itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo menghimbau masyarakat untuk tetat menjaga kesehatan, sebab musim kemarau berbagai macam penyakit akan kerap muncul.

Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap sehat di musim kemarau, terutama agar penyakit tidak mudah menyerang tubuh.

Tipsnya kata dia, adalah memperbanyak minum air putih, tidur dengan waktu yang cukup, setidaknya selama delapan jam perhari.Kemudian memperhatikan kebersihan diri dan kesehatan bahan makanan, berolahraga, dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

“Banyak minum air putih bisa mencegah terjadinya dehidrasi, sebab cuaca yang panas membuat tubuh lebih mudah berkeringat sehingga rentan dehidrasi,” ucap Andjar, Selasa (25/6/2019).

Begitu juga kata dia, dengan waktu tidur yang cukup, maka daya tahan tubuh akan optimal sehingga berbagai penyakit dimusim kemarau tidak mudah menyerang.

Tidur yang cukup, juga membuat kinerja tubuh terjaga dengan baik. Sebab sejatinya tubuh harus memiliki waktu istirahat sambil memperbaiki sel-sel yang rusak,” jelasnya.

Selebihnya Andjar mengingatkan, agar masyarakat juga senantiasa memperhatikan kebersihan diri dan bahan makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. Sebab paparan debu yang tinggi dimusim kemarau membuat bahan makanan lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri.

“Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air.Begitu juga aktivitas mandi, paling tidak dua kali sehari,” terangnya.

Terakhir tambah Andjar, Masyarakat harus tetap aktif berolahraga, mengingat dengan berolahraga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima, sehingga penyakit tidak mudah menyerang.

Lisa, Hadiboy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here