Beranda Peristiwa Warga Masyarakat Kp. Bungkerek Keluhkan Adanya Pembangunan Peningkatan Kapasitas IPA PDAM

Warga Masyarakat Kp. Bungkerek Keluhkan Adanya Pembangunan Peningkatan Kapasitas IPA PDAM

123
0

Bayah Newsbin.Com – Tampak pekerjaan pembangunan reservoar, dan IPA (Instalasi Pengolahan Air) yang dikerjakan oleh PT. TIRTA SARANA MULIA TECHNOLOGI yang di danai dari Dinas PUPR PROPINSI, dengan anggaran sebesar 10.251.907.033.98; yang berlokasi di Kp. Bungkeureuk, Desa Bayah Timur, Kec. Bayah, Kab Lebak, diduga belum mengantongi izin dari Instansi terkait. Newsbin, pada Kamis, 31/10/2019.

Ketika ditemui oleh Team Investigasi Newsbin, yang berlokasi di Kp. Bungkeureuk, Desa Bayah Timur, pada Selasa, (29/10), Humaedi sebagai Ketua Pelaksana Lapangan yang bertanggung jawab atas pekerjaan mengatakan, “Semua material sudah memenuhi Spack Standar RAB, untuk semua pekerja sudah di turunkan, dan di tunjuk langsung dari perusahaan. Jadi kami tidak bisa bicara apa-apa, dan saya hanya bertanggung jawab semua pekerjaan yang ada di proyek ini, masih di tempat yang sama perihal kegiatan yang kami lakukan semua manual, karena untuk memakai alat berat, susah masuk ke areal lokasi pengerjaan”. Ungkapnya.

Pirman pun, sebagai Quantiti Control ketika di mintai komentar nya lewat jaringan sosial WatshApp mengatakan, “Saya sudah memberitahukan perihal izin ke pihak PU, sampe sekarang dari pihak PU pun belum memberikan surat tersebut, ke PT. TIRTA SARANA MULIA TECHNOLOGI, kepada pihak muspika pun sampe saat ini belum ada” Ujarnya.

“Ini pak pengerjaan udah berjalan kurang lebih 1 bulan, saya tanyakan perizinan ke pihak Muspika Kec. Bayah, jawab nya, (ngejar secejul)” Imbuhnya.

Tidak jauh dari tempat pengerjaan, Aang pun selaku Karyawan PDAM Cab. Bayah, mengatakan kepada Team Investigasi Newsbin, “Sangat disayangkan, dalam pengerjaan ini kenapa tidak menurunkan alat berat, karena dengan menggunakan alat berat, pengerjaan bisa segera terselesaikan, karena tanah disini labil kalo musim hujan, saya khawatir ada penurunan tanah”. Tandasnya.

Sahrowi alias Rowi salah satu pemuda Kp. Bungkeureuk juga mengatakan, “Pengerjaan penggalian tanah, dan pemasangan bangunan koservoar, dan instalasi pengolahan air yang di dilakukan oleh PT. TIRTA SARANA MULIA TECHNOLOGI ini di duga belum ada laporan, ke pihak Muspika Kec. Bayah. Pasalnya, setelah saya datangi seminggu yang lalu, saya juga sempat menegur orang lapangan nya, dengan harapan bisa ikut bekerja sesuai kemampuan saya, dan meminta arahan untuk bisa merapat kepada siapa, sudah 3 minggu berjalan proyek pembangunan IPA, sampe saat ini belum ada jawaban dari orang lapangan PT. TIRTA SARANA MULIA TECHNOLOGI, bahkan sampei pengerjaan berlangsung tiga minggu, belum ada satupun warga lokal yang di ajak bekerja. Pasal nya sebelum terelisasi pembangunan Peningkatan kapasitas IPA ini pihak PDAM Cab. Bayah dari jauh-jauh hari sudah melakukan musyawarah yang bertempat di Kp. Bungkeureuk yang di hadiri oleh lapisan masyarakat RT/RW, dan pihak Desa Bayah timur, dengan pembahasan mau adanya pembangunan, isi dari pembahasan musyawarah tersebut, bahwasanya warga setempat akan di ikut sertakan dalam pembangunan ini, namun nyatanya tidak ada sama sekali” Ujarnya.

Kapolsek Bayah AKP Tatang Warsita, saat di temui di kantor pada Senin, (28/10) mengatakan, “Belum ada laporan, kepihak Kepolisian Sektor Bayah, mengenai pembangunan Peningkatan Kapasitas Instalasi (IPA) di Kp. Bungkeureuk, Desa Bayah Timur, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten yang di kerjakan oleh PT. TIRTA SARANA MULIA TECHNOLOGI, Perlu adanya laporan ke pihak Kepolisian, agar kami mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh PT. TIRTA SARANA MULIA TECHNOLOGI, bila mana terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti kecelakaan kerja, tindakan kriminalitas, setidaknya kita mengetahui hal tersebut, namun sangat di sayangkan, sampe sekarang belum ada yang laporan, padahal seharusnya tanamkan prihal saling menghargai” Ungkapnya.

“Terdapatnya bangunan, pekerjaan, atau beberapa kegiatan yang dikatakan dari pihak Pemerintah, ataupu dari pihak pengusaha, idealisnya harus melakukan koordinasi, dan saling menghargai. Sangat di harapkan kepada Intansi, Pengusaha terkait, agar bisa turun langsung, terutama dari pihak Dinas PU Cipta Karya. Sampai detik ini, Satpol-PP Kab. Lebak belum melakukan pengecekan Pembangunan Peningkatan Kapasitas Instalasi yang dilakukan oleh PT. TIRTA SARANA MULIA TECHNOLOGI, dan agar segera mengurus izin/laporan ke Muspika, Muspida setempat, agar kami selaku penerima manfaat sekaligus warga Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini merasa di hargai, dan ini bisa saling ikut serta membantu berjalan nya Program Pembanguan di Pemerintahan” jelasnya Warga Masyarakat setempat.

Gun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here