Dalam Acara Rakercab Pramuka, Bupati Sampaikan, “Pertegas Kiprah Gerakan Pramuka Sebagai Pilar Pendidikan, Dan Agen Pembangunan

0
73
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka acara Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Pramuka Kabupaten Sukabumi tahun 2023 di Ponpes Assalam Putri Warungkiara. Newsbin, pada Rabu, 31/05/2023.

Rakercab Pramuka Kabupaten Sukabumi ini merupakan Forum Konsolidasi, dan koordinasi antara Kwartir Cabang dengan Kwartir Ranting Se-Kabupaten Sukabumi yang secara konsisten di laksanakan. Rakercab ini diikuti oleh 47 Peserta dari Kwartir Ranting, Pimpinan Satuan Karya Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, Ambalan Kwartir Cabang, dan Unsur Pimpinan Badan Kelengkapan Kwartir Cabang.

Menurut Ketua Kwarcab (Kwartir Cabang) Kabupaten Sukabumi Kak Ade Suryaman, Rakercab ini dilakukan agar Kwartir Cabang, dan Ranting bisa saling berkesinambungan, dan terpadu sehingga Program lanjutan yang sudah dilaksanakan bisa terselesaikan secara optimal.

“Ada dua agenda yang akan kita bahas dalam Forum kali ini Pertama agenda pemaparan rancangan Program kerja 2023 Kedua agenda pembahasan, dan pengkoordinasian perencanaan Program kerja tahun 2024 dengan cara menampung usulan untuk kemudian dilakukan pembahasan diinternal Kwarcab,” Jelasnya.

Kedua agenda tersebut, lanjut Kak Ade, diharapkan bisa menghasilkan Pedoman, dan diperolehnya rekomendasi yang tepat untuk digunakan Kwarcab dalam menyusun rencana, dan Program kerja yang terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga, dan berkelanjutan.

“Maka dari itu dukungan, dan kerjasama antar Jajaran sangat diharapkan demi sukses, dan terwujudnya Anggota Pramuka yang Unggul, Berkarakter, Berbudaya serta Beretika di Kabupaten Sukabumi,” Tegasnya.

Bupati Sukabumi selaku Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) dalam arahannya menyampaikan bahwa Pramuka harus bisa menjawab tantangan yang sedang dihadapi, dan bisa membentuk karakter Generasi Muda Bangsa, mengembangkan Wawasan Kebangsaan, selain itu Anggota Pramuka juga harus bisa memberikan dorongan kepedulian pada lingkungan.

“Dimana tantangan yang kita hadapi yaitu Gerakan Pramuka, dan Generasi Muda banyak dihadapkan pada berbagai persoalan yang menjadi konsekuensi dari kemajuan jaman terutama perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat selain itu bonus demografi juga menjadi tantangan oleh karena itu mari kita mulai dari kesukarelaan, pengabdian, tanpa mulai dari situ akan sulit membina, dan memberikan kontribusi dalam pendidikan karakter,” Ungkap Bupati.

Masih dikatakan Bupati Sukabumi, Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka harus dapat menghasilkan Program kerja yang mampu menopang, dan mendukung kelancaran serta kesuksesan pembangunan yang tengah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Adanya Rapat Kerja Cabang ini dapat menjadi jembatan dalam memperjelas, dan mempertegas Kiprah Gerakan Pramuka sebagai Salah Satu Pilar Pendidikan bagi Kaum Muda serta Agen Pembangunan Bangsa khusunya pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” Pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penyerahan Ijazah KMD, Sertifikat Akreditasi, dan Piagam Karya Bhakti Lebaran serta Pelepasan Pembina Pramuka selaku Pengurus Kwarcab yang akan melaksanakan Ibadah Haji oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini