Indocement Gandeng Wartawan Dan LSM Hijaukan Kawasan Resapan Air

0
252
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – PT Indocemet Tunggal Prakarsa (ITP), Tbk Tarjun merupakan salah satu perusahaan pabrik semen Tiga Roda yang beraktifitas di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu diantaranya ada di Kabupaten Kotabaru. Newsbin, Pada Jum’at, 16/12/2022.

Dalam aktifitasnya dalam rangka peduli lingkungan pada Kamis (15/12/22) bersama Insan Pers /Wartawan Kotabaru, dan Dinas Lingkungan Hidup dan LSM melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon di 8 desa yang ada di 2 kecamatan.

Berikut lokasi yang menjadi target lokasi : Kecamatan Pulaulaut Utara meliputi Desa Gunung Ulin 2 lokasi, Desa Sungai Taib, Desa Semayap, Desa Dirgahayu, dan Kecamatan Pulaulaut Sigam meliputi Desa Baharu Utara, Desa Batuah Desa Sigam, Desa Hilir Muara.

Sebanyak 275 batang bibit pohon yang terdiri dari : Pohon buah durian, mangga, petai, jambu, jengkol, nagkadak, klengkeng, mahoni, dan beberapa bibit lainnya tertanam.

Kegiatan tersebut didukung oleh instansi pemerintah yaitu Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Pulaulaut, dan Pulau Sebuku yang dalam hal ini telah memberikan support bibit.

Tujuan pelaksanaannya tentunya untuk kepedulian terhadap lingkungan serta memberikan edukasi terkait kawasan hutan yang mesti dijaga kelestariannya untuk generasi mendatang. Hal tersebut juga secara tidak langsung membantu program pemerintah.

Disampaikan Environment Head PT. ITP Tarjun, Eva Ariani, prinsipnya Indocement ingin menumbuhkan kesadaran, dan kepedulian terhadap lingkungan yang melibatkan berbagai stakeholder yang salah satu kegiatannya adalah penanaman pohon.

“Tujuan kegiatan adalah untuk melakukan perbaikan lingkungan dengan upaya reboisasi yang manfaatnya serta dapat mencegah daerah-daerah yang dinilai rawan bencana”, tutur Eva.

Hal tersebut, lanjut Eva, dapat menjadi pilot project sehingga masyarakat sekitar yang menjadi target penanaman lebih peduli terhadap lingkungan dan menyadari bahwa apabila terjadi lahan gundul maka akan menyebabkan bencana yang merugikan ekosistem lingkungan.

“Ini akan menjadi progress kedepannya sehingga masyarakat yang turut serta, dan kegiatan ini dilakukan oleh Indocement setelah perusahaan melakukan pilot project di semua desa binaan. Harapannya di tahun 2023 nanti akan terus berlanjut, karena Indocement melihat sangat bermanfaat, dan kebetulan perusahaan yang saat ini merupakan salah satu perusahaan yang mendapatkan grand label”, lanjut pungkasnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotabaru, Ahmad Nuraksin, sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman pohon yang di inisiasi oleh Indocement.

“Kita patut apresiasi kepada PT. ITP yang telah menggagas kegiatan ini, yang mana bukan hanya wartawan, dan LSM saja yang menerima manfaatnya namun lebih kepada masyarakat sekitar”, ujarnya.

Masih Ketua PWI, secara tidak langsung, juga lebih meningkatkan hubungan baik antara PT ITP, dan masyarakat, wartawan maupun LSM di Kabupaten Kotabaru untuk terus membangun sinergi yang baik.

“Sekali lagi terimakasih kepada Indocement dan pihak-pihak yang membantu, kami juga merasa bangga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat langsung berkenaan dnegan pentingnya menjaga kawasan hutan,” harapnya.

Hal senada disampaikan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), warga, dan DLH Kotabaru, melalui perwakilannya, mereka mengaku senang dan apresiasi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Menjadi harapannya kawasan hutan yang ditanami berbagai macam pohon tersebut dapat terus lestari. (rzq)

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini