Kapolda Kalsel Gelar Jum’at Curhat Di Pantai Gedambaan Kotabaru

0
138
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Kelapa Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi, S.I.K, M.H menggelar “Jum’at Curhat” pada Jum’at (30/12) di Pantai Gedambaan, Jl. Raya Berangas, Desa Gedambaan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Newsbin, Pada Jum’at, 30/12/2022.

Jum’at berkah dengan tema berbahasa daerah Banjar “Bakisah Aman, Tabuka dan Nyaman bersama Kapolda Kalsel” atau dalam bahasa Indonesia “Curhat Masyarakat Pesisir Bersama Kapolda Kalsel bagi warga yang hendak menyampaikan pesan, masukkan, keluhan, dan saran terkait pelayanan kepolisian pungli, tindak kejahatan, dan gangguan Kamtibmas lainnya.

Guna tersampaikannya keluhan masyarakat hingga tingkat bawah Polres Kotabaru memfasilitasi serta menghadirkan elemen masyarakat yang terdiri dari : LSM, Mahasiswa tokoh masyarakat serta warga sekitar Pantai Gedambaan.

Dalam kesempatannya, Kapolda Kalsel mengatakan adanya dukungan terhadap program Jum’at berkah bertujuan selain silaturahim, barang kali ada masukan yang bisa ditindak lanjuti.

Terkait masukan terhadap rekrutmen anggota polri bagi masyarakat kepulauan. Beberapa putra-putri pulau terluar di Kabupaten Kotabaru sudah ada yang terpilih, dan sedang menjalani pendidikan.

Ada beberapa penerimaan / rekrutmen, untuk Bintara ada rekrutmen reguler, dan rekrutmen proaktif. Untuk rekrutmen proaktif itu bagi putra-putri yang memiliki keahlian /prestasi dikampungnya.

“Mengenai kekurangan fisik, memang hal ini agak kelihatan, tapi kalau selisihnya 1 atau 2 milimeter bisa kita lihat, apakah yang lain-lain berprestasi atau nilainya bagus mungkin bisa di toleransi”, papar orang nomer satu di Kepolisian Kalimantan Selatan.

Sementara itu, H Muhammad Iqbal selaku Kepala Desa Gedambaan menyampaikan aspirasi mewakili warganya kepada Kapolda Kalimantan Selatan terkait kelurahan warga nelayan yang kesulitan mendapatkan BBM subsidi. Karena BBM yang didapat di SPBN di wilayahnya tidak seperti di daerah lain sehingga banyak nelayan yang kekurangan bahan bakar subsidi.

Ikbal berharap, kedatangan Irjen pol Andi Rian ke Wisata Gedambaan dalam acara Jum’at Curhat dapat membantu memberikan jalan keluar bagi warganya yang mengalami kesulitan mendapatkan BBM subsidi tersebut.

“Semoga Bapak Kapolda bisa membantu keluhan warga kami,” ujar Iqbal berharap.

Terkait hal keluhan nelayan, Kapolda mejelaskan bahwa penyaluran atau pemberian kuota BBM menjadi kewenangan pihak Pertamina. Walau begitu Kapolda akan memerintahkan kepada Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya Siregar, untuk berkomuninasi dengan Pertamina agar keluhan-keluhan nelayan terealisasi.

Sehubungan dengan sedang berjalannya musim barat yang merupakan cuaca buruk bagi nelayan khususnya di perairan Pulaulaut / Kotabaru, oleh karena itu menurutnya masih ada waktu untuk koordinasi, dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

“Ini masih cuaca buruk bagi nelayan di wilayah Pulaulaut, dan masih ada waktu untuk koordinasi,” jelas Kapolda singkatnya. (rzq)

Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini