Menteri Kelautan Tinjau Pendangkalan Sungai, Wabup : Salah Satu Faktornya Sampah

0
94
Iklan

Sukabumi newsbin.com – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mendampingi Kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) untuk peninjauan sungai Cipatuguran karena adanya pendangkalan serta pengerukan balong dikawasan Dermaga Palabuhanratu. Newsbin, pada Jumat (14/4/23).

H. Iyos Somantri mengapresiasi kunker Menteri Kelautan di Kabupaten Sukabumi, lantaran bisa menerima keluhan para nelayan secara langsung terhadap pemerintah pusat.

“Menurut saya ini sangat luar biasa, karena pak Menteri Kelautan begitu respon dengan kondisi pendangkalan di kawasan PPNP” Terang Wabup usai melakukan peninjauan.

Wabup menjelaskan, terjadinya pendangkalan kolam itu disebabkan oleh beberapa faktor, satu diantaranya faktor sampah. Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada masyarakat agar membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Pengerukan sungai cipatuguran adalah kewenangan pemerintah provinsi, maka dari itu kita akan dorong kepada PUPR provinsi untuk segera ditindaklanjuti” Tegasnya.

Wabup berharap, kementerian kelautan untuk segera menindaklanjuti hasil kajian di PPNP Palabuhanratu, terutama dalam perumusan masalah pendangkalan, hal tersebut sangat berdampak terhadap perekonomian para nelayan di Kab. Sukabumi.

“Kalau balong ini tidak dangkal maka jangkauan nelayan akan lebih luas, sehingga bisa mempermudah akses mata pencaharian para nelayan” Bebernya.

Pada kesempatan tersebut Menteri Kelautan didampingi Wabup melakukan peninjauan di seputar lokasi pendangkalan.

Hadir pada acara tersebut, Dinas Perikanan, Forkopimcam, Kapolres, Dandim 0622, serta tamu undangan lainnya.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini